Pesawat Hercules Jatuh

Malaysia Turut Berduka Atas Kecelakaan Pesawat TNI AU

Fajar Nugraha    •    Rabu, 01 Jul 2015 11:00 WIB
hercules jatuh di medan
Malaysia Turut Berduka Atas Kecelakaan Pesawat TNI AU
Lokasi jatuhnya Hercules milik TNI AU (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Pemerintah Malaysia menyampaikan rasa duka atas kecelakaan yang menimpa pesawat TNI AU. Mereka memastikan tidak ada warga negara Malaysia di dalam pesawat itu.

"Malaysia turut berduka setelah mendengar kabar kecelakaan pesawat milik TNI AU di Medan, Sumatera Utara 30 Juni 2015," ujar pernyataan Kementerian Luar Negeri Malaysia, seperti dikutip Astro Awani, Rabu (1/7/2015).

"Kami mengucapkan simpati mendalam dan belasungkawa kepada pemerintah dan Rakyat Indonesia, khususnya kepada keluarga korban," lanjut pernyataan tersebut.

Pihak Malaysia melalui Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta mengatakan akan memperhatikan kejadian ini. Namun mereka menyebutkan tidak ada warga Malaysia yang terkena imbas kecelakaan tersebut.

Sebelumnya, Perdana Menteri India Narendra Modi turut mengucapkan belasungkawa atas kejadian ini. Modi menyampaikan ucapan duka cita melalui akun Twitter resmi miliknya.

Pesawat Hercules C-130 dengan nomor penerbangan A1310 milik TNI AU yang membawa 122 penumpang jatuh di Jalan Letjen Jamin Ginting, Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara, Selasa 30 Juni 2015.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 11.48 WIB atau dua menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Soewondo, Kota Medan. Pesawat itu hibah dari Amerika Serikat (AS) pada 1964.  

Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayjen Fuad Basya mengatakan, keluarga anggota TNI turut menumpangi pesawat Hercules itu.

Fuad menerangkan, istri dan anak yang menumpangi pesawat Hercules untuk menyusul anggota TNI yang tengah bertugas di Kepulauan Natuna.


(FJR)