Yunani Berpeluang Raih Penundaan Pembayaran Utang

Antara    •    Rabu, 01 Jul 2015 11:24 WIB
ekonomi yunani
Yunani Berpeluang Raih Penundaan Pembayaran Utang
Ilustrasi -- FOTO: Reuters/Ralph

Metrotvnews.com, Washington: Pemerintah Yunani akan mengajukan penundaaan pembayaran utang kepada International Monetary Fund (IMF) setelah mengalami gagal bayar pada 30 Juni. Langkah ini sangat mungkin dilakukan karena ada klausul dalam IMF yang mewajibkan adanya penundaan pembayaran.

Piagam IMF mengatakan peminjam dana mereka dapat meminta penundaan pembayaran maksimum lima tahun dari tanggal pinjaman. Penundaan ini dapat diputuskan tanpa konsultasi dengan para anggotanya, menurut Bab V, Pasal 7 dari piagam.

Penundaan bahkan bisa lebih lama jika negara-negara anggota IMF memberikan suara mayoritas 70 persen. Langkah tersebut dapat dibenarkan hanya jika tanggal pembayaran telah jatuh tempo akan menghasilkan kesulitan luar biasa bagi anggota," kata piagam.

IMF tidak pernah memanfaatkan klausul ini, yang secara teori, akan terbuka bagi Yunani sekalipun itu akan memerlukan dukungan dari sebagian besar negara-negara maju dan berkembang. Amerika Serikat memegang 16,7 persen dari hak suara pada dewan IMF dan anggota Uni Eropa, secara bersama-sama, yakni sekitar 30 persen.

Pembayaran utang Yunani sebesar 1,5 miliar euro (USD1,7 miliar) kepada IMF akan jatuh tempo pada Selasa, 5 Juli. Yunani mencoba untuk membujuk para pemberi pinjaman Uni Eropa untuk memperpanjang program dana talangannya lagi guna membantu membiayai beban utang.

Adapun IMF pernah mengizinkan penundaan pembayaran utang terhadap dua Negara yakni Nikaragua dan Guyana pada 1982 karena kedua Negara ini sangat miskin.

 


(SAW)