Anggota Wantimpres: Menteri Penghina Presiden Harus Diganti

Antara    •    Rabu, 01 Jul 2015 11:30 WIB
menteri penghina jokowi
Anggota Wantimpres: Menteri Penghina Presiden Harus Diganti
Suharso Monoarfa. Foto: M Agung Rajasa/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Suharso Monoarfa mengatakan Presiden Joko Widodo sebaiknya mengganti menteri yang menghina. Namun itu dilakukan jika informasi soal penghinaan terhadap presiden itu benar.

"Ya diganti saja," ujar Suharso, di Jakarta, Selasa (30/6/2015) malam seperti dilansir Antara.

Suharso mengaku tidak tahu siapa menteri yang belakangan ini disebut-sebut menghina presiden. Namun secara etika, Suharso menilai apa yang dilontarkan menteri tersebut, apabila benar, tidak pas.

"Saya kasih contoh kalau ada seseorang diangkat atasan, itu artinya ada kepercayaan yang diberikan atasan kepadanya. Tapi jika setelah sekian lama kemudian dia justru mengatakan atasannya yang tidak pas, ya tidak benar," jelas politikus PPP itu.

Menurut Suharso, seorang menteri selaku bawahan presiden, tidak bisa serta merta melakukan evaluasi kepada presiden selaku atasannya. Sebab,lanjutnya, yang didelegasikan kepada menteri adalah sebuah otoritas, bukan
tanggung jawab.

"Tanggung jawab kabinet itu di presiden, jadi salah anggota kabinet menghina presiden," tegas dia.

Sebelumnya Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan ada menteri Kabinet Kerja yang menghina Presiden Joko Widodo. Hinaan itu, kata dia, dilontarkan usai rapat di Istana Negara beberapa waktu lalu.


(KRI)