Hercules Jatuh, NasDem: Sudah Saatnya Belajar dari Sejarah

Surya Perkasa    •    Rabu, 01 Jul 2015 11:30 WIB
hercules jatuh di medan
Hercules Jatuh, NasDem: Sudah Saatnya Belajar dari Sejarah
Personil TNI bersama Petugas PMI dan Basarnas melakukan evakuasi puing-puing pesawat Hercules C-130--Antara/Hafidz Mubarak

Metrotvnews.com, Jakarta: Jatuhnya pesawat Hercules C-130 menambah catatan buruk penerbangan di Indonesia. Anggota Komisi I DPR fraksi NasDem Supiadin SP mendesak pemerintah segera melakukan modernisasi alutsista.
 
"Indonesia harus belajar dari pengalaman," kata mantan Panglima Daerah Militer Iskandar Muda ini, Rabu (1/7/2015).

Purnawirawan jenderal TNI ini menilai sudah terlalu banyak insiden yang melibatkan pesawat hibah. Jatuhnya pesawat Hercules di Medan merupakan peringatan bagi pemerintah untuk menghentikan hibah alutsista. "Gunakanlah APBN untuk modernisasi alutsisa bukan dengan hibah dari negara lain,” tegas Supiadin.

Ia mengungkapkan, pesawat Hercules nahas itu adalah hibah dari Australia. Selain tidak jelas apakah alutsista tersebut hasil rekondisi, usia pesawat Hercules itu dinilai sudah tua dan tenggat penggunaannya hampir habis. Sehingga sudah sepatutnya tidak diterbangkan lagi.

Catatan kelam alutsista lama dan barang hibah sudah panjang. Sebelum kasus Hercules, pesawat F-16 hibah dari Amerika Serikat terbakar di Lanud Halim Perdanakusumah pada April lalu.

Pesawat Hercules A1310 tipe C-130 milik TNI AU jatuh di Jalan Letjen Jamin Ginting, Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara, Selasa 30 Juni 2015. Pesawat jatuh sekitar pukul 11.48 WIB atau dua menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Soewondo, Kota Medan.


(YDH)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA