Sulut Usul Anggaran Pengembangan IKM Rp3 Miliar

Antara    •    Rabu, 01 Jul 2015 11:51 WIB
ukmumkm
Sulut Usul Anggaran Pengembangan IKM Rp3 Miliar
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Manado: Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Alwy Pontoh menyatakan bahwa pihaknya mengusulkan anggaran pengembangan IKM kepada Kementerian Perindustrian (Kemenpenrin) sebesar Rp3 miliar.

"Usulan ini dilakukan untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas IKM di daerah Sulut agar mampu bersaing dan masuk pasar internasional," kata Alwy, di Manado, Rabu (1/7/2015).

Alwy mengatakan, usulan ini sudah dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015. Nantinya, tambahan ini diperuntukkan guna meningkatkan kualitas produk unggulan daerah seperti sektor perikanan dan perkebunan.

"Kualitas produk IKM Sulut sebenarnya sudah baik dan memenuhi standar penjualan hingga mancanegara, namun masih terbentur dengan kemasan yang belum menarik," jelasnya.

Sebab itu, pemerintah di daerah akan berusaha mendorong dan menggenjot IKM Sulut agar dapat menghasilkan produk yang mampu bersaing dengan pasar luar negeri. Apalagi, lanjutnya, tidak lama lagi Indonesia akan memasuki pasar bebas yang disebut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). "Pasti dibutuhkan kualitas produk IKM lebih baik lagi," tutupnya.


(ABD)