Perdana, KFC Ekspansi Gerai di Myanmar

Ade Hapsari Lestarini    •    Rabu, 01 Jul 2015 12:29 WIB
myanmar
Perdana, KFC Ekspansi Gerai di Myanmar
Segelintir orang sedang mengantre KFC yang baru buka di Myanmar. AFP PHOTO / Ye Aung THU

Metrotvnews.com, Yangoon: KFC telah menjadi rantai makanan terbesar pertama asal negara barat yang membuka restorannya di Myanmar. Saat pembukaan perdananya ini, antrean mengular pun langsung menjadi pemandangan tersendiri.

Dilaporkan AFP, Rabu (1/7/2015), pembukaan restoran di Yangoon ini menunjukkan bahwa beberapa pelanggan mengantre berjam-jam untuk makan di restoran sembari duduk di tengah jalan yang sibuk. "Ini sangat terkenal secara internasional, jadi saya pikir itu harus sehat," kata seorang pria berusia 50 tahun kepada AFP.

Kehadiran KFC di Myanmar tersebut sebagai kesepakatan antara perusahaan cepat saji raksasa Amerika dengan Yoma Strategic Holdings, sebuah perusahaan yang terdaftar di Singapura yang mengembangkan diri di Myanmar.

Manajemen Yoma Strategi baru-baru ini mengatakan kepada Myanmar Times bahwa perusahaan berencana untuk membuka beberapa restoran KFC di negara yang juga dikenal sebagai Burma, sebelum akhir tahun ini. Perusahaan itu akan menciptakan produk aspiratif untuk masyarakat kelas menengah di Myanmar. Di mana dua potong ayam dijual dengan harga sekitar 3.500 kyat (USD3,10 atau setara Rp41.299 dengan kurs USD1 = Rp13.322).

KFC bukan merupakan perusahaan makanan cepat saji internasional pertama yang mencapai Myanmar, di mana Myanmar mulai membuka dirinya kepada dunia pada 2010. Ketika pemerintah militer memulai proses reformasi demokrasi, franchise burger asal Korea Selatan Lotteria telah dibuka pada 2013.

Kedatangan perusahaan makanan cepat saji asal Barat di negara-negara yang sebelumnya membatasi diri diartikan sebagai tanda kemajuan. Pada 1996, penulis New York Times Tom Friedman menawarkan teori McDonald-nya yang kini terkenal, yang berpendapat bahwa tidak ada dua negara yang memiliki cabang McDonald, telah berperang.

Teori yang belum cukup mengangkat, namun Joshua Keating dari Slate mengutip perang 2006 antara pasukan Israel dan Hizbullah di Lebanon dan perang 2008 antara Rusia dan Georgia sebagai contohnya. Dan tahun lalu, McDonald di Moskow dekat Pushkin Square, yang dibuka untuk banyak kemeriahan pada 1990, akhirnya harus ditutup.

KFC telah membuat dorongan besar kepada pasar negara berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Mereka bahkan telah menghadapi perlambatan penjualan di Tiongkok kareana kekhawatiran flu burung dan masalah keamanan lainnya.

Perusahaan lain mungkin masih waspada tentang membuka cabang di Myanmar: Banyak yang merasa bahwa pemerintahnya belum sepenuhnya terbebas dari kebiasaan otoriter. Pada pemilihan akhir tahun ini di Myanmar, akan diawasi ketat.


(AHL)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

17 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA