ISIS Perkuat Kekuasaan di Suriah

Fajar Nugraha    •    Rabu, 01 Jul 2015 13:10 WIB
isis
ISIS Perkuat Kekuasaan di Suriah
ISIS memperkuat kekuasaannya (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Tel Abyad: Kelompok militan Islamic State (ISIS) memperkuat kekuasaan mereka di wilayah dekat perbatasan Suriah dan Turki. Namun di saat bersamaan mereka kalah di Kota Hasaka.

Anggota ISIS menyerbu Kota Tel Abyad di dekat perbatasan dengan Turki. Mereka berhasil merebut daerah tersebut dari tangan kelompok milisi Kurdi, YPG.

Namun di Kota Hasaka, ISIS tidak mampu memperkuat kekuasaannya. Mereka kalah dari prajurit militer Suriah di Hasaka.

Kota Hasaka merupakan kota yang dianggap penting bagi ISIS maupun pihak Pemerintah Suriah. Kota ini terletak di antara wilayah ISIS di Suriah dan dekat dengan Irak.

Mengenai serangan di Tel Abyad, ISIS meluncurkan serangan membabi buta terhadap Pemerintah Suriah dan milisi Kurdi. Mereka berupaya keras untuk melawan pasukan yang dipimpin milisi Kurdi, di dekat yang disebut sebagai ibu kota kekhalifahan ISIS.

Menurut pihak Syrian Observatory for Human Rights, terjadi baku tembak parah pada Selasa (30/6/2015). Namun justru pihak milisi YPG mengklaim menguasai wilayah timur Tel Abyad.

"Mereka (ISIS) terkepung. Ini akan menjadi kasus bunuh diri massal bagi mereka," ujar Juru Bicara YPG, Redur Xelil, seperti dikutip Reuters, Rabu (1/7/2015).

Terlepas dari keberhasilan ISIS menguasai beberapa wilayah lain di Tel Abyad, tetap tidak bisa menutup kabar bahwa mereka telah kalah di Hasaka.

Namun dalam dua hari terakhir, perlawanan ISIS dipatahkan oleh kelompok militer Suriah.


(FJR)

Novanto Menghadiri Sidang Perdana

Novanto Menghadiri Sidang Perdana

39 minutes Ago

Novanto tiba di Pengadilan Tipikor Jakarta pada pukul 09.40 WIB. Ia mengenakan kemeja putih dib…

BERITA LAINNYA