Pengamat: Hasil Investigasi TNI tetap Harus Diawasi

   •    Sabtu, 30 Mar 2013 17:23 WIB
Pengamat: Hasil Investigasi TNI tetap Harus Diawasi
Jaleswari Pramodhawardani--MI/M Irfan/bb

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat militer Jaleswari Pramodharwardani mengapresiasi langkah TNI Angkatan Darat, tokoh masyarakat, dan Polri dengan membentuk tim investigasi kasus penyerangan LP Cebongan, Sleman.

"Pembentukan tim investigasi ini serius, karena melibatkan pihak yang berkepentingan dan kompeten," kata Jaleswari saat dihubungi Metrotvnews.com, Sabtu (30/3).

Pihak-pihak tersebut, kata Jaleswari, adalah pihak yang punya kompetensi dalam menganalisa dan memecahkan problem tersebut. Karenanya, mereka tak perlu diragukan dalam kepastian hasilnya. Namun, bukan berarti hal itu tak perlu diawasi.

"Hasil investigasinya tetap harus diawasi media, masyarakat sipil, dan DPR, dari temuan hingga tindak lanjutnya," terangnya.

Di sisi lain, peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia itu menekankan, pengawasan itu bukan hanya soal kebenaran dan fakta yang ditemukan. Melainkan soal keseriusan pemerintah.

"Ini bukan saja menyangkut soal kebenaran fakta semata, tapi bagaimana keseriusan pemerinyah mengusut tindak pidana yang terjadi tanpa pandang bulu," tegasnya.

Untuk itu, Jaleswari mengimbai polisi tak takut menuntaskan masalah tersebut. Sebab, bila dibiarkan akan menjadi preseden di kemudian hari.

"Polisi harus mengusut tuntas kasus ini, agat tak jadi preseden," tutupnya.