Disperindag Sulut Dorong Pengekspor Lebih Inovatif

Antara    •    Rabu, 01 Jul 2015 14:21 WIB
ekspor
Disperindag Sulut Dorong Pengekspor Lebih Inovatif
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Dewi Fajriani)

Metrotvnews.com, Manado: Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus mendorong pengekspor di daerah tersebut agar terus berinovasi. Hal ini diperlukan agar kinerja ekspor terus bertumbuh.

"Inovasi produk pengekspor Sulut harus ditingkatkan guna meningkatkan nilai tambah dan devisa bagi negara," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Disperindag Sulut T Hasudungan Siregar, di Manado, Rabu (1/7/2015).

Dia mengatakan, pemerintah akan terus mendorong agar pengekspor Sulut tidak hanya mengekspor barang setengah jadi saja. "Kami akan berusaha memfasilitasi dan mendorong pengekspor Sulut agar menghasilkan barang final yang mampu memberikan devisa cukup besar dibandingkan barang setengah jadi," jelasnya.

Dia menjelaskan, jika pengekspor berani lebih berinovasi dan menghasilkan final produk, dengan sendirinya akan meningkatkan tenaga kerja dan mengurangi pengangguran. Selain itu, lanjutnya, produk final ini yang sangat diminati oleh masyarakat dunia. 

"Semua fasilitas yang bisa dilakukan pemerintah baik pengurusan berkas ekspor, fasilitasi pembiayaan maupun pelatihan akan terus dilakukan," ungkapnya.

Saat ini, produk ekspor Sulut masih setengah jadi dan bahan baku yakni produk perkebunan seperti kelapa dan pala juga dari sektor perikanan. Kinerja ekspor perkebunan Sulut memang terus meningkat namun akan lebih baik lagi jika diversifikasi produk didorong.


(ABD)