Imbas Yunani, Investor Eropa Bisa Tarik Dana dari RI

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 01 Jul 2015 14:28 WIB
ekonomi yunani
Imbas Yunani, Investor Eropa Bisa Tarik Dana dari RI
Ilustrasi. FOTO: REUTERS/Ralph Orlowski

Metrotvnews.com, Jakarta: Yunani kembali gagal membayar utangnya ke Dana Moneter Internasional (IMF). Imbasnya, dana asing yang masuk ke Indonesia bisa kembali ditarik.

"Dampaknya pasti ada, dengan gagal bayar utang, sentimen negatifnya makin banyak," kata Analis Millenium Danatama Asset Management Desmon Silitonga kepada Metrotvnews.com, Rabu (1/7/2015).

Dia menjelaskan, dana asing yang masuk ke Indonesia sebagian besar berasal dari investor Eropa. Dengan kondisi Yunani seperti saat ini, bisa saja Eropa menarik dananya mereka dari Tanah Air. Sehingga bisa menyeret kondisi pasar modal Indonesia.

"Pasar saham bisa kena, kalau Eropa menarik dananya dari sini. Di mana sentimen tersebut akan mengguncang gerak saham dan mata uang kita," tuturnya.

Apalagi dengan kondisi gerak saham yang tidak menentu saat ini, sehingga diprediksi cenderung tertekan. Maka dari itu, sentimen Yunani ini harus dihindari, agar efeknya tidak terlalu berbahaya bagi ekonomi Indonesia.

Jika Yunani menerima dana talangan dari beberapa kreditur pada 5 Juli besok, maka sentimen negatif itu akan hilang. Tapi, lanjut dia, apakah masyarakat Yunani menerima tawaran dana talangan tersebut dengan berbagai macam persyaratan yang ada.

"Kalau Yunani bangkrut bisa merembet kemana-mana, penentuannya tanggal 5 nanti. Apakah mau mereka (masyarakat) Yunani menerima dana talangan dengan syarat yang rumit. Kemungkinan besar akan menerima, disaat kondisi sulit. Jadi mau tidak mau akan menerima," jelas Desmon.

Sebagai informasi, Yunani pada Selasa ini menjadi negara maju pertama yang mengalami gagal bayar utangnya kepada Dana Moneter Internasional (IMF) setelah gagal melakukan pembayaran sebesar 1,5 miliar euro (USD1,7 miliar).

Setelah hari yang panjang upaya menghidupkan kembali kesepakatan pembiayaan kembali dana talangannya dengan Uni Eropa gagal, Yunani telah membuat permintaan menit terakhir kepada IMF untuk memperpanjang pembayaran, yang jatuh tempo pada Selasa pukul 22.00 GMT.


(AHL)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

2 hours Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA