Sup Cumi Diklaim Warga Korut Bisa Sembuhkan MERS

Fajar Nugraha    •    Rabu, 01 Jul 2015 14:50 WIB
mers
Sup Cumi Diklaim Warga Korut Bisa Sembuhkan MERS
Korsel yang diwarnai wabah MERS (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Pyongyang: Warga Korea Utara (Korut) sepertinya memiliki pemecahan tersendiri untuk menghadapi Middle East Respiratory Syndrome coronavirus (MERS). Mereka mengklaim sup cumi bisa menyembuhkan MERS.

Meskipun Pemerintah Korut mengklaim mampu menangkal MERS dan penyakit mematikan lain seperti AIDS, warga Korut sendiri sepertinya tidak yakin. Mereka justru meyakini sup cumi sebagai obat MERS.

Menurut sumber di Provinsi Pyongan, Korut yang berbicara kepada Daily NK, dokter sudah dikerahkan untuk mengukur suhu tubuh warga. Berdasarkan laporan, tidak ada kasus MERS yang terdeteksi.

Bukan hanya rumah sakit di tingkatan provinsi, kota melainkan klinik lokal juga melakukan tes terhadap warga.

Sementara muncul kabar bahwa warga Korut menggunakan cumi sebagai obat bagi MERS. Mereka menilai sup cumi sangat ampuh melawan MERS.

"Warga tidak bisa mendapatkan obat dengan mudah, meskipun di saat penyakit itu menyebar. Mereka memilih menggunakan ramuan alami dibandingkan harus mendengarkan kata pemerintah," menurut seorang warga, seperti dikutip Guardian, Rabu (1/7/2015).

Pada 2006, pemerintah daerah menyarankan warga untuk mengonsumsi sup cumi untuk mencegah wabah demam. Sejak saat itu warga dilaporkan meyakini sup ini bisa menyembuhkan demam jenis apapun.

Tidak ada bukti apapun yang menyebutkan bahwa sup cumi bisa menangkal MERS. Namun warga sepertinya tetap percaya hal itu.

Jumlah korban tewas akibat MERS di Korsel saat ini dilaporkan mencapai 33 jiwa. Sementara kasus warga yang terinfeksi bertambah hingga 182.


(FJR)