Pesawat Hercules Jatuh

Keluarga Ini Kehilangan Dua Putra dalam Dua Kecelakaan Hercules

Patricia Vicka    •    Rabu, 01 Jul 2015 15:48 WIB
hercules jatuh di medan
Keluarga Ini Kehilangan Dua Putra dalam Dua Kecelakaan Hercules
Foto: Karangan bunga untuk Kopda Saryanto di rumah duka di Desa Kalongan RT 02, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DI Yogyakarta/MTVN_Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Keluarga besar Wiro Sumanto mengalami duka mendalam terkait jatuhnya pesawat Hercules. Sebab dua dari sembilan putra Wiro Sumanto menjadi korban kecelakaan pesawat milik TNI AU itu.

Kedua putra Wiro Sumanto yang menjadi korban itu adalah Sersan Dua (Serda) Sudiyono dan Kopral Dua (Kopda) Saryanto. Kopda Saryanto adalah korban dari kecelakaan pesawat Hercules C-130 registrasi A1310 di Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/6/2015). Sedangkan sang kakak, Serda Sudiyono sudah lebih dulu tewas dalam kecelakaan pesawat Hercules di Condet, Jakarta Timur, pada 1991.

"Saryanto adalah korban kedua di keluarga kami yang meninggal karena kecelakaan pesawat Hercules. Kakaknya, Serda Sudiyono tewas di kecelakaan Hercules 24 tahun lalu saat akan bertugas," kata Muryanto, 43, kakak ketujuh Kopda Saryanto, saat ditemui Metrotvnews.com di rumah duka di Desa Kalongan, RT 02, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (1/7/2015).

Keluarga sangat terpukul atas kepergian keduanya. Namun keluarga tetap ikhlas atas peristiwa ini.

"Kami sangat berduka. Kedua adik kami tewas saat bertugas. Tapi itu memang sudah konsekuensi dari tugas negara. Kami ikhlaskan saja," ujarnya.

Kopda Saryanto adalah anak bungsu dari sembilan bersaudara. Menurut Muryanto, Saryanto menjadi penerbang mengikuti jejak sang kakak. Namun nahas menjemput mereka berdua saat bertugas dalam kecelakaan pesawat Hercules.

Kopda Saryanto meninggalkan seorang istri dan seorang putri yang baru berusia 7 bulan. Muryanto mengatakan, istri Saryanto baru satu bulan diajak pindah ke Pekanbaru, Riau.

"Adik saya bertugas di Lanud Pekanbaru. Dia ajak istrinya ke sana biar dekat dengan tempatnya bertugas," imbuh dia.
(Foto Kopda Saryanto di kediamannya/MTVN_Patricia Vicka)
Kini keluarga sedang menanti kedatangan jenazah Saryanto. "Jenazah tidak bisa datang hari ini. Tapi kami sudah menyiapkan tempat pemakaman. Malam nanti kami mau menggelar Tahlil-an sesudah Tarawih," katanya.

Jenazah akan dimakamkan di tempat pemakaman umum tak jauh dari rumah Kopda Saryanto."Keluarga sudah banyak berkumpul di sini. Sang istri masih di Pekanbaru, mungkin besok baru ke sini," pungkasnya.


(TTD)

Andi Narogong Bungkam Usai Diperiksa 5 Jam oleh KPK

Andi Narogong Bungkam Usai Diperiksa 5 Jam oleh KPK

3 hours Ago

Terdakwa kasus dugaan korupsi proyek KTP elektronik Andi Narogong hari ini kembali diperiksa KP…

BERITA LAINNYA