Sutan Sebut Mantan Tenaga Ahlinya Telah Dicuci Otak KPK

Yogi Bayu Aji    •    Rabu, 01 Jul 2015 16:13 WIB
sutan bhatoegana
Sutan Sebut Mantan Tenaga Ahlinya Telah Dicuci Otak KPK
Suasana sidang Sutan Bhatoegana di Pengadilan Tipikor, Rabu (1/7/2015). Foto: Yogi Bayu Aji

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Ketua Komisi VII DPR Sutan Bhatoegana geram dengan kesaksian mantan Tenaga Ahlinya Iryanto Muchi. Hal ini lantaran Irianto mengaku diperintah Sutan untuk mengambil paper bag berisi uang dari Kabiro Keuangan Kementerian ESDM Didi Dwi Sutrisnohadi.

"Iryanto pernah telepon 'Sudah saya titip (paper bag) sama Iqbal (Ajudan Sutan)'," kata jaksa pada KPK dalam sidang untuk terdakwa mantan Sekjen Kementerian ESDM Waryono Karno di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (31/7/2015).

Sutan dengan nada tinggi menyangkal adanya telepon dari Iryanto. Peristiwa itu, kata dia, tak pernah terjadi. "Enggak mungkin saya ditelepon, dia disuruh (ambil paper bag) saja tidak," terang politikus Partai Demokrat tersebut.

Jaksa pun mengonfirmasi pernyataan Sutan kepada Iryanto. Mereka menanyakan masalah paper bag ini kepada Irianto. Iryanto menerima paper bag yang di dalamnya sudah terdapat amplop berkode P, S, dan A.

Kode P diyakini dimaksud sebagai pimpinan Komisi VII DPR periode 2009-2014, sementara S untuk sekretariat dan A sebagai anggota. Paper bag diduga berisi duit lantas diserahkan Iryanto ke ajudan Sutan bernama Iqbal.

"Benar (telepon Sutan), karena saya sekalian izin pulang," jelas Iryanto.

Sutan pun bereaksi keras terhadap kesaksian Iryanto. Dia menilai ada yang aneh dengan pernyataan Iryanto.

"Otaknya sudah dicuci KPK. Termasuk Iqbal juga. Dia penakut. Dirangkai-rangkai ini. Enggak ada saya suruh. Enggak ada saya minta minta-minta. Titik," tegas Sutan.

Mantan sekjen ESDM Waryono Karno didakwa memberikan USD140 ribu atau sekitar Rp1,6 miliar kepada mantan ketua Komisi VII DPR dari fraksi Partai Demokrat Sutan Bhatoegana.

Tujuannya, guna mempengaruhi para anggota Komisi VII DPR dalam pembahasan dan penetapan asumsi dasar migas APBN-Perubahan tahun Anggaran 2013.

"Terdakwa Waryono Karno selaku sekretaris KESDM memberi atau menjanjikan sesuatu sejumlah 140 ribu dolar AS kepada anggota DPR Sutan Bhatoegana melalui Iryanto Muchi dengan maksud agar Sutan melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannnya," kata Jaksa Penuntut Umum KPK Fitroh Rohcahyanto, Kamis 7 Mei lalu.

Atas perbuatannya itu, Waryono didakwa dengan Pasal 5 ayat (1) huruf a subsider Pasal 13 UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Dia terancam pidana maksimal 5 tahun penjara dan denda paling banyak Rp250 juta.


(KRI)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

3 hours Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA