Yunani Gagal Bayar, Euro Stabil di Asia

Antara    •    Rabu, 01 Jul 2015 16:45 WIB
ekonomi yunani
Yunani Gagal Bayar, Euro Stabil di Asia
Ilustrasi (AFP PHOTO/DANIEL ROLAND)

Metrotvnews.com, Tokyo: Kurs euro bertahan stabil di Asia karena para pedagang mengabaikan gagal bayarnya Yunani yang secara luas telah diperkirakan oleh sejumlah kalangan. Namun demikian, masih ada fokus yang beralih ke referendum di akhir pekan, yang dapat menentukan masa depan Yunani di zona euro.

Mata uang tunggal dibeli 1,1136 dolar dan 136,44 yen pada perdagangan Rabu (1/7/2015) sore di Tokyo, dibandingkan dengan 1,1139 dolar dan 136,38 yen di New York pada Selasa sore. Dolar berada di 122,48 yen dibandingkan dengan 122,44 yen. 

Sebagaimana diketahui, Yunani telah gagal memenuhi tenggat waktu untuk membayar angsuran utangnya kepada Dana Moneter Internasional (IMF). Dengan gagalnya itu menjadikan Yunani sebagai negara maju pertama yang mengalami gagal bayar.

Namun demikian, pemberi pinjaman masih belum mengesampingkan permintaan Yunani untuk memberikan lebih banyak waktu, dan memberikan ruang keuangan pemerintah untuk melanjutkan negosiasi pembicaraan reformasi dana talangan (bailout) dengan para kreditor.

"Yunani telah secara resmi gagal melakukan pembayaran kepada IMF, tetapi pasar tampaknya tidak peduli," kata Ahli Strategi Mata Uang Senior di National Australia Bank Emma Lawson.


(ABD)