Ini Bahaya Mendengkur

   •    Rabu, 01 Jul 2015 17:17 WIB
kesehatan
Ini Bahaya Mendengkur
Mendengkur bisa menyebabkan masalah kesehatan. (Foto:seabreezedental.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mendengkur merupakan apnea tidur atau gangguan di mana pernapasan Anda menjadi rendah, dan bahkan dapat berhenti total, selama tidur. Menurut American Academy of Sleep Medicine, 24 persen dari orang-orang memiliki gejala apnea tidur. 

Lebih buruknya lagi, sekitar 80 sampai 90 persen orang dewasa menyadari masalah tersebut. Berikut bahaya sering mendengkur.

1. Anda bangun dengan sakit kepala

Memulai pagi dengan pelipis yang berdenyut nyeri merupakan hal yang buruk. Menurut review dari Norwegia, jika Anda menderita apnea tidur, maka Anda bisa 3 sampai 4 kali bangun dengan sakit kepala yang menyakitkan.

Apnea tidur dapat membuat Anda lebih sulit untuk menghirup oksigen secara optimal saat Anda tidur. Akibatnya, pembuluh darah di otak Anda membesar sehingga mengakibatkan berdenyut dengan keras. Jika ini sudah sering terjadi sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter Anda.

2. Anda rawan terkena stroke

Studi di Cina menemukan bahwa mendengkur menempatkan Anda pada risiko 26 persen terserang stroke. Para peneliti percaya penumpukan plak di arteri mungkin memainkan peran dalam pengembangan yang baik saat mendengkur. Terlebih lagi orang yang mendengkur cenderung membawa lebih banyak suara tidur yang bisa meningkatkan risiko stroke.

3. Memori Anda memudar

Jurnal Neurology menjelaskan bahwa, sering mendengkur menyebabkan memori akan turun rata-rata 10 tahun lebih awal daripada yang tidak mendengkur. Karena bernapas secara teratur saat tidur bisa mengatur meningkatkan aliran darah dan fungsi otak. Jika saat tidur pernapasan Anda buruk, tentu saja fungsi otak Anda juga akan bermasalah.

4. Jantung Anda akan bermasalah

Kebiasaan mendengkur dikombinasikan dengan kantuk di siang hari menempatkan Anda pada risiko lebih besar terkena penyakit jantung.

Tetapi, tidak semua orang yang mendengkur memiliki apnea tidur. Apabila Anda mendengkur dan merasa lelah keesokkan harinya, kondisi terkena kesulitan bernapas lebih mungkin terjadi.

5. Genital Anda dalam bahaya

Napas yang buruk saat tidur, sering dikaitkan dengan disfungsi ereksi menurut University of Rome. Bahkan, penelitian terakhir telah memperkirakan bahwa hingga 60 persen pria yang mengalami apnea tidur memiliki masalah pada penisnya. Hal ini mungkin karena kurangnya oksigen yang mengurangi tingkat oksida nitrat sehingga menyempitkan pembuluh darah dan menghambat fungsi mereka.

6. Tidak konsentrasi saat bekerja

Pola tidur dengan mendengkur bisa mempengaruhi kemampuan otak Anda saat beristirahat di malam hari. Tentu saja ini membuat kinerja Anda menurun dan membuat konsentrasi Anda sedikit buyar. Lagi pula, baru-baru ini laporan di Kanada menyebutkan gangguan tidur karena mendengkur keras berkaitan dengan kecelakaan di tempat kerja.

7. Anda mengalami depresi

Gejala depresi ditemukan dalam penelitian di Australia sekitar 50 persen disebabkan oleh mendengkur. Maka dari itu, solusinya dengan rajin melakukan olahraga tiga hari dalam seminggu karena hal ini dapat mengurangi 19 persen tingkat pengembangan depresi. (Sumarni/Menshealth)


(LOV)