Kasus Suap di Musi Banyuasin, KPK Sudah Periksa Bupati

Yogi Bayu Aji    •    Rabu, 01 Jul 2015 19:11 WIB
suap
Kasus Suap di Musi Banyuasin, KPK Sudah Periksa Bupati
Ilustrasi suap. Foto: MI/Adam Dwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi sudah memeriksa Bupati Musi Banyuasin Pahri Azhari. Dia diperiksa terkait kasus dugaan korupsi persetujuan Laporan Keuangan dan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati tahun 2014 dan pengesahan APBD Muba 2015.

"Selasa lalu dilakukan pemeriksaan terhadap enam orang saksi di antaranya Bupati Muba Pahri Azhari," kata Kepala Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha, di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (1/7/2014).

Bersama Pahri, kata Priharsa, KPK juga memeriksa Sekda Muba, seorang anggota DPRD, dua orang kepala dinas PU Binamarga dan Cipta Karya dan seorang kepala Dinas Pendidikan. Pemeriksaan dilakukan di Mapolres Muba, Sumatera Selatan untuk tersangka Syamsudin Fei.

Pahri dikonfirmasi soal keterlibatannya dalam suap di wilayah kekuasaannya. "Tentang perisitwa pidana pada Jumat dua pekan lalu saat operasi tangkap tangan dan apa yang diketahui tentang alur peristiwa dan tindak pidananya,"  tekan dia.

Sementara, hari ini KPK memeriksa sembilan saksi, delapan dari anggota DPRD dan seorang PNS di Dinas PU Binamarga. "Rencananya pekan ini akan terus dilakukan pemeriksaan saksi-saksi yang dilakukan di Mapolres Musi Banyuasin,"  papar Priharsa.

KPK membongkar kasus dugaan suap dalam pembahasan APBD Perubahan Muba tahun anggaran 2015 di DPRD. Lembaga antikorupsi menangkap tangan empat tersangka dari pihak eksekutif dan legislatif Muba.

Tersangka dari legislatif Muba, yakni, anggota DPRD asal PDIP Bambang Karyanto dan anggota DPRD asal Gerinda Adam Munandar. Sementara dari pihak eksekutif Muba, tersangkanya adalah Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Muba Syamsudin Fei dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Muba Fasyar.


(TRK)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

10 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA