Harga Batu Bara Acuan Tetap Menggunakan Dolar

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 01 Jul 2015 19:14 WIB
batu bara
Harga Batu Bara Acuan Tetap Menggunakan Dolar
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan meskipun telah ditetapkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 17 Tahun 2015 tentang Kewajiban Penggunaan Rupiah di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berlaku per 1 Juli 2015, namun harga batu bara acuan akan tetap menggunakan dolar.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian ESDM, Bambang Gatot mengatakan, transaksi ini sudah dibicarakan sebelumnya dengan pihak-pihak terkait dalam hal ini perusahaan batu bara. Transaksi pembelian batubara di dalam negeri tetap menggunakan rupiah.

"Tetap (menggunakan dolar AS/USD). Harga batubara nanti bertahap," kata Bambang, dalam konferensi pers, di Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (1/7/2015).

Ia mengaku juga telah menyampaikan peraturan ini ke perusahaan-perusahaan minerba. "Perusahaan minerba memang ada beberapa yang menyampaikan pelaksanannya bagiamana, berhubungan dengan pada saat transaksi. Yang bisa dilakukan, dilakukan terlebih dahulu," jelas dia.

Meskipun demikian, Bambang menjelaskan, untuk masalah kontrak penjualan mineral dan batubara akan diselesaikan sesuai dengan kategori yang disampaikan oleh menteri sebelumnya. "Yang belum bisa dilakukan akan kita selesaikan sesuai kategori yang disampaikan menteri," ujar dia.

Artinya, untuk kondisi seperti ini, pelaku usaha harus mengkonversi transaksi pembelian batu bara dari mata uang dolar ke rupiah. "Jadi, mereka beli pakai HBA pada saat transaksi dikurskan ke rupiah. Waktu bayar ke produsen pakai rupiah," pungkas dia.


(ABD)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

6 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA