Calon KaBIN

JK Bersyukur Sutiyoso Lolos di DPR

Dheri Agriesta    •    Rabu, 01 Jul 2015 19:22 WIB
bin
JK Bersyukur Sutiyoso Lolos di DPR
Sutiyoso memaparkan visi dan misi saat uji kelayakan dan kepatutan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 30 Juni 2015. Antara Foto/M Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: DPR menerima Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara. Wakil Presiden Jusuf Kalla bersyukur dewan tidak mempersulit Bang Yos saat uji kelayakan dan kepatutan.

"Itu (Sutiyoso) kan usulan Presiden (Joko Widodo), jika diterima baguslah," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (1/7/2015).

Keputusan Jokowi menunjuk Bang Yos menjadi calon kepala BIN sempat diperkirakan akan terkendala di DPR. Mantan Gubernur DKI itu kerap dikaitkan dengan masalah masa lalu, salah satu terkait kerusuhan di depan kantor PDI di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Ternyata, prediksi itu salah. Bang Yos tidak menemui rintangan berarti saat uji kelayakan dan kepatutan. Setelah rapat pleno, anggota Komisi I DPR sepakat Bang Yos sebagai calon Kepala BIN. JK mengatakan, keputusan itu lah yang pemerintah harapkan.

"Memang keinginan pemerintah, harapan pemerintah agar diterima," pungkas JK.

Sutiyoso secara aklamasi disetujui seluruh fraksi di Komisi I DPR. "Kami memutuskan menerima dan mendukung Bapak Sutiyoso yang diajukan Presiden sebagai calon Kepala BIN, dan petimbangan ini akan kami sampaikan ke pimpinan DPR," kata Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq.


(TRK)