BPS: Ramadan Tingkatkan Pengiriman Barang

Antara    •    Rabu, 01 Jul 2015 20:06 WIB
BPS: Ramadan Tingkatkan Pengiriman Barang
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS)  menilai adanya peningkatan aktivitas pengiriman barang dengan menggunakan angkutan laut dan kereta api pada Mei 2015 atau pasca Ramadan.

"Menjelang bulan puasa,  secara 'month on month' (MoM), jumlah barang yang dikirim pada Mei 2015 melalui jalur laut naik sebesar 12,50 persen dan jalur kereta sebanyak 13,06 persen jika dibandingkan dengan April sebelumnya," ujar Kepala BPS Suryamin di Jakarta, Rabu (1/7/2015)

Dia mengatakan selama Ramadan hingga Idul Fitri kerap digunakan masyarakat untuk saling berkirim kebutuhan maupun buah tangan, sehingga volume distribusi barang antarpulau dan antarwilayah melonjak.

"Periode April sampai Mei tercatat jumlah barang yang diangkut mencapai 20,1 juta ton lewat laut dan 2,6 juta ton melalui kereta api," katanya.

Angka distribusi barang yang melaju melalui angkutan laut, terjadi di Pelabuhan Makassar sebesar 21,24 persen, Pelabuhan Panjang mencapai 14,25 persen, dan Pelabuhan Tanjung Priok sebanyak 9,53 persen.

Peningkatan jumlah pengiriman barang juga ditemukan pada angkutan kereta api, di mana kenaikannya didominasi oleh wilayah Sumatera, yaitu sebanyak 1,8 juta ton atau 68,42 persen. Ia mengatakan perpindahan barang di wilayah Jawa juga menyumbang kenaikan aktivitas distribusi sebesar 8,59 persen.

Menurut Suryamin, lonjakan tersebut juga diakibatkan dari logistik yang disebar untuk mencukupi kebutuhan masyarakat di sejumlah daerah, yang mulai gencar dilaksanakan pemerintah sebelum Ramadan.

"Kegiatan distribusi di dalam negeri melaju karena ada faktor ekspor dan impor yang sejak triwulan pertama menurun, sehingga transportasi kemudian dimanfaatkan untuk mencukupi permintaan logistik domestik," ujarnya.
(SAW)