Promosi, Korsel Bebaskan Visa Berkunjung kepada WNI

Fajar Nugraha    •    Rabu, 01 Jul 2015 21:18 WIB
korea selatan
Promosi, Korsel Bebaskan Visa Berkunjung kepada WNI
Dubes Cho Taiyoung (Foto: Fajar Nugraha/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Warga Korea Selatan (Korsel) mendapatkan fasilitas bebas visa untuk berkunjung ke Indonesia. Namun untuk WNI yang ingin berkunjung ke Korsel, masih harus mengajukan visa.

Duta Besar Korea Selatan (Korsel) untuk Indonesia Cho Taiyoung mengakui bahwa WNI masih belum mendapatkan fasilitas bebas visa. Namun warga Indonesia yang ingin berkunjung ke Negeri Gingseng mendapatkan fasilitas multiple entry.

"Persyaratan untuk membuat visa bagi WNI tahun ini prosesnya dibuat lebih mudah. Kami memberikan fasilitas multiple entry yang berlaku selama lima tahun, di mana selama kurun waktu tersebut WNI bisa berkunjung ke Korsel beberapa kali," ujar ujar Dubes Cho Taiyoung, di Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta, Rabu (1/7/2015).

"Sebagai Dubes Korsel, saya sangat berupaya keras agar WNI bisa memperoleh bebas visa. Tetapi yang menentukan bukan saya. Untuk saat ini, kami hanya bisa mempermudah persyaratan," imbuh Dubes Cho.

Dubes Cho menambahkan bahwa pemerintahnya berharap lebih banyak WNI berkunjung ke Korsel. Hal itu ditujukan agar persahabatan kedua negara kian meningkat.

Negeri Gingseng mengundang daya tarik besar bagi wisatawan asing. Setiap tahun 14 juta turis mengunjungi Korsel, 208 ribu orang di antaranya adalah WNI.

Namun sejak MERS terjadi penurunan kunjungan wisata ke Korsel. WNI saja sekitar 2.000 dari mereka membatalkan kunjungannya ke Korsel.

Uniknya Dubes Cho mengakui bahwa K-Pop pendorong turis asing datang ke Korsel. Akan tetapi, Korsel memiliki banyak keunggulan. Termasuk di bulan Desember, yang banyak dikunjungi oleh WNI.

Ada yang menarik mengenai aplikasi visa dari Korsel. Menurut Direktur Korea Tourism Organization (KTO) Oh Hyonjae, ada promosi selama tiga bulan yang dimulai dari 6 Juli 2015 nanti dan berakhir pada 30 September 2015.

Promosi itu memungkinkan wisatawan Indonesia untuk mengajukan aplikasi visa sekali masuk untuk selama dua pekan, tanpa harus membayar biaya visa. Ini tentunya menguntungkan, mengingat biaya visa Korsel mencapi Rp520 ribu. Promosi itu hanya valid bagi mereka yang bermaksud untuk melakukan perjalanan dalam waktu tiga bulan ke depan.

"Indonesia merupakan salah satu negara yang menerima aplikasi visa gratis. Alasannya untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Korsel, yang menurun sejak wabah MERS," sebut Oh.

Adapun jumlah korban tewas akibat MERS di Korsel saat ini dilaporkan mencapai 33 jiwa. Sementara kasus warga yang terinfeksi bertambah hingga 182.
 


(FJR)