Lebih Mudah, Ditjen Pajak Luncurkan e-Factur

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 01 Jul 2015 22:08 WIB
ditjen pajak
Lebih Mudah, Ditjen Pajak Luncurkan e-Factur
Ilustrasi. FOTO: ANTARA/Arief Priyono

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) resmi menerbitkan faktur elektronik atau e-factur untuk Pengusaha Kena Pajak (PKP) di wilayah Jawa dan Bali. Layanan e-factur tersebut resmi dijalankan hari ini dan dilakukan secara bertahap.

"Pelaksanaan e-factur pada hari ini, 1 Juli 2015. Ini bukan secara tiba-tiba, tapi ini terobosan, karena untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat," kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro ketika ditemui di Gedung Ditjen Pajak, Jakarta, Rabu (1/7/2015).

Dia menjelaskan, dengan menggunakan e-factur ini maka negara bisa menghemat anggaran lebih baik, seperti mengurangi biaya cetak dan tanda tangan basah, sehingga tidak perlu dicetak. Ditjen Pajak juga harus memiliki perbedaan yang jelas, sebab perjalanan e-factur bukan sekadar coba-coba, tapi sudah dirumuskan sejak 2011.

"Perlu bukti, harus ada perbedaan antara e-factur dan non e-factur. Haruslah ditingkatkan kualitas pajak," ungkap dia.

Setelah penggunaan ini, Wajib Pajak (WP) bisa mendapatkan beberapa manfaat, tanda tangan yang basah bisa jadi elektronik dan lainnya. Semua fasilitas ini sudah online sehingga memudahkan para pengusaha.


(AHL)

Pergantian Ketua DPR Disebut Melibatkan Aburizal Bakrie

Pergantian Ketua DPR Disebut Melibatkan Aburizal Bakrie

21 minutes Ago

Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar Ridwan Hisjam menyebut Ical, sapaan Aburizal, setuju dengan su…

BERITA LAINNYA