Pesawat Hercules Jatuh

Serka Kaliman Sempat Gonta-Ganti Baret

Roni Kurniawan    •    Rabu, 01 Jul 2015 22:51 WIB
hercules jatuh di medan
Serka Kaliman Sempat Gonta-Ganti Baret
Foto: Suasana di rumah duka Serka Kaliman, Asrama Lanud Sulaiman, Jalan Dakota Nomor 7, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat/MTVN_Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Sebelum berangkat bertugas, Serka Kaliman memperlihatkan sikap yang tidak biasanya terhadap sang istri, Yumrokis Solikah.
Almarhum yang bertugas sebagai anggota Depo Pemeliharaan 70 Satuan Pemeliharaan 71 Pangkalan Udara Sulaiman, Bandung, hendak berangkat ke Pangkal Pinang untuk melakukan pemeliharaan. Saat akan berangkat itu, almarhum beberapa kali mencoba baret yang akan dikenakan saat bertugas.

"Kalo firasat dari istrinya itu, tumben-tumbenan mencoba semua baret yang dia punya. Tidak seperti biasanya. Hanya itu yang saya tahu," ujar Marti, 45, sepupu Kaliman, saat ditemui di rumah duka, Jalan Dakota Nomor 7, Asrama Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2015).

Nampaknya, tingkah laku Kaliman tersebut menjadi salah satu kenang-kenang terakhir sang istri. Di mata kedua anaknya, yakni Gilam Ardhan, 18, dan Ardyaratna Dealuti, 12, Kaliman merupakan sosok ayah yang tegas dan disipin. "Bapak itu tegas dan disiplin," kata Gilam.

Bahkan, hasil dari ketegasan dan kedisiplinan dari sang ayah, kedua anaknya menuai prestasi di bidang olah raga. Kedua anak almarhum merupakan atlet olah raga yang sedang tumbuh menjadi atlet nasional.

Gilam adalah atlet taekwondo sedangkan Ratna merupakan atlet voli. Bahkan, Ratna menempuh jalur prestasi untuk masuk ke salah satu sekolah menengah pertama yang ia minati.

Seperti diberitakan sebelumnya, Serka Kaliman merupakan salah satu dari empat korban asal Bandung dalam peristiwa jatuhnya pesawat Hercules di Kota Medan, Selasa 30 Juni. Ketiga rekan satu profesi lain adalah Lettu Rahmat Shamdany, Serka Sutrisno, dan Sertu Aang Subarya.


(UWA)