Krisis Yunani Tenggelamkan Harga Minyak

Antara    •    Kamis, 02 Jul 2015 08:36 WIB
minyak mentah
Krisis Yunani Tenggelamkan Harga Minyak
Ilustrasi minyak -- FOTO: Reuters/Jo Yong-Hak

Metrotvnews.com, New York: Harga minyak dunia turun pada Rabu (Kamis pagi WIB), karena para pedagang mempertimbangkan krisis utang mendalam Yunani dan peningkatan yang mengejutkan dalam persediaan minyak mentah AS.

AFP melansir, Kamis, 2 Juli, harga patokan minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus di New York Mercantile Exchange, merosot USD2,51 menjadi USD56,96 per barel, menjadi tingkat terendah dalam lebih dari dua bulan.

Minyak mentah Brent North Sea untuk Agustus ditutup ke USD62,01 per barel di perdagangan London, turun USD1,58 dari penutupan Selasa. "Pasar minyak kembali defensif, karena ketidakpastian yang sedang berlangsung atas utang Yunani dan kenaikan kuat angka penggajian (payroll) yang membantu mendongkrak dolar," kata Tim Evans dari Citi Futures.

Penguatan greenback membuat minyak mentah yang dihargakan dalam dolar lebih mahal untuk pembeli yang menggunakan mata uang lainnya. Krisis utang Yunani kian mendalam ketika dana talangan Uni Eropa berakhir dan Yunani gagal melakukan pembayaran utang penting kepada IMF, sehingga mempertinggi ketakutan negara itu keluar dari zona euro.

Para pemimpin Eropa pada Rabu menolak untuk mempertimbangkan bantuan keuangan baru sebelum referendum dana talangan kontroversial Yunani pada Minggu. "Krisis utang Yunani mungkin telah memicu kekhawatiran tentang efek penularan ke zona euro, yang berarti bahwa kita bisa  melihat penurunan permintaan minyak karena pertumbuhan berpotensi lebih lemah," kata ahli strategi di IG Markets, Bernard Aw.

Persediaan minyak mentah komersial AS naik 2,4 juta barel menjadi 465,4 juta barel, mendekati rekor tertingginya untuk tahun ini. Kenaikan ini menghentikan penurunan selama delapan minggu beruntun yang telah menunjukkan permintaan kuat di konsumen minyak mentah utama dunia itu.

Persediaan di Cushing, Oklahoma, titik pengiriman untuk kontrak AS juga naik 0,2 juta barel menjadi 56,4 juta barel. Produksi minyak mentah AS naik 3.000 barel menjadi 9,6 juta barel.


(AHL)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA