Panglima TNI Sepakati MoU dengan Bakamla

Damar Iradat    •    Kamis, 02 Jul 2015 10:02 WIB
tni
Panglima TNI Sepakati MoU dengan Bakamla
Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Desi Albert Mamahit tandatangani MoU tentang Pembinaan dan Operasional Bakamla--Foto: MTVN/Damar Iradat

Metrotvnews.com, Jakarta: Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan Kepala Badan Keamanan Laut RI Laksdya TNI Desi Albert Mamahit sepakat menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang Pembinaan dan Operasional Badan Keamanan Laut Republik Indonesia.

Nota kesepahaman ini ditunjukkan untuk mengatur kesepahaman bersama tentang Pembinaan dan Operasional Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (BakamlanRI). Hal ini juga bertujuan agar dapat dijadikan pedoman para pihak dalam pelaksanaan kerja sama.

"Sekarang ini, pertama kami relatif belum memiliki kekuatan laut yang seperti diharapkan. Semua operasi Bakamla akan mendapat dukungan sepenuhnya. Dalam konteks sarana dan prasarana," ujar Jenderal Moeldoko, di Ruang Tamu Panglima TNI, Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis (2/7/2015).

Adapun ruang lingkup nota kesepahaman ini antara lain penyelenggaraan operasi keamanan dan keselamatan di laut, penggunaan sarana dan prasarana, pendidikan dan latihan, pertukaran data dan informasi yang diperlukan, dan terakhir penugasan personel.

Perjanjian ini akan berlaku selama lima tahun sejak ditandatangani oleh kedua belah pihak. Hal ini juga merupakan bagian dari pengembangan pelaksanaan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) TNI di bidang Keamanan dan Keselamatan di Laut sesuai amanat Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.

Seperti diketahui, Bakamla adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang melaksanakan tugas patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan dan yuridiksi Indonesia. Ke depannya, Bakamla juga berencana membangun akademi.

"Akan bangun akademi keamanan dan keselamatan di Bali, tapi untuk sementara ini pinjam sarana TNI AL dulu di Surabaya. Ini nanti yang jadi cikal bakal Indonesia Coast Guard," kata Kepala Bakamla, D.A Mamahit.


(MBM)