Bupati Morotai Dipanggil KPK Sebagai Tersangka

Yogi Bayu Aji    •    Kamis, 02 Jul 2015 11:14 WIB
suap mkakil mochtar
Bupati Morotai Dipanggil KPK Sebagai Tersangka
Foto: MTVN/Dok

Metrotvnews.com, Jakarta: Bupati Morotai Rusli Sibua dipanghil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia akan diperiksa dalam kasus dugaan suap dalam penanganan sengketa pilkada Morotai di Mahkamah Konstitusi (MK) pada 2011.

"Iya yang bersangkutan akan diperiksa sebagai tersangka," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha, di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (2/7/2015).

Priharsa enggan bicara soal materi pemeriksaan perdana terhadap Rusli sebagai tersangka. "Dia dipanggil untuk melengkapi berkas penyidikan kasus yang menjeratnya," jelas dia.

Rusli resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh lembaga antikorupsi pada Jumat 26 Juni lalu. Kasus dugaan suap penanganan pilkada Morotai ini merupakan pengembangan kasus suap terhadap Akil Mochtar sewaktu menjabat sebagai Ketua MK.

Permainan suap Rusli dalam sengketa pilkada Morotai 2011 di MK terungkap dalam dakwaan Akil Mochtar yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum KPK di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, 20 Februari 2014. Sementara, Akil diketahui sudah divonis hukuman penjara seumur hidup dalam kasus suap penanganan perkara di MK.

Menurut jaksa, Akil menerima Rp 2,989 miliar supaya memenangkan Rusli Sibua-Weni R. Paraisu dalam pilkada itu. Rusli diduga melanggar Pasal 6 ayat 1 huruf a UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana dibuah UU Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHPidana.


(MBM)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

17 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA