IMF: Penundaan Pembayaran Tidak Membantu Negara Lewati Krisis

Antara    •    Kamis, 02 Jul 2015 12:02 WIB
imf
IMF: Penundaan Pembayaran Tidak Membantu Negara Lewati Krisis
International Monetary Fund (AFP PHOTO/BRENDAN SMIALOWSKI)

Metrotvnews.com, Washington: Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) menyatakan ada kemungkinan para peminjam menunda pembayaran, seperti dilakukan Yunani. Namun umumnya, hal tersebut tidak efektif dalam membantu mengatasi krisis negara bersangkutan.

"IMF tidak memperpanjang jangka waktu pembayaran karena masalah kebijakan yang sudah berlangsung lama," kata seorang pemberi pinjaman krisis global, Kamis (2/7/2015).

Sudah lebih dari 30 tahun yang lalu IMF memberikan beberapa negara berpenghasilan rendah penundaan atas pengembalian dana yang mereka pinjamkan. Namun, dalam setiap kasus penundaan terbukti tidak membantu dengan segera negara-negara tersebut menyelesaikan persoalnya.

Hal ini juga terbukti dari Yunani yang telah meminta perpanjangan pembayaran utang kepada IMF, namun tetap saja Yunani gagal melakukan pembayaran dan menjadikan Yunani sebagai negara maju pertama yang mengalami gagal bayar.

Sebagaimana diketahui, Yunani terbelit utang yang begitu besar dan diharuskan mengembalikan pinjaman kepadaI IMF. Sebelumnya, IMF telah memberikan pelonggaran namun sayangnya Pemerintah Yunani menolak dan berdampak pada gagal bayarnya Yunani.


(ABD)