Tiga Arahan Jokowi untuk Sutiyoso

Desi Angriani    •    Kamis, 02 Jul 2015 13:04 WIB
bin
Tiga Arahan Jokowi untuk Sutiyoso
Sutiyoso. Foto: Ramdani/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon tunggal Kepala BIN Sutiyoso menghadap Presiden Joko Widodo. Ini adalah pertemuan pertama keduanya setelah Sutiyoso lulus uji kelayakan dan kepatutan di DPR. 

"Ini adalah petunjuk awal saya sebagai calon Kepala BIN. Beliau memantau bahwa kami berdua calon Kepala BIN dan Panglima TNI sudah lolos di fit and propert test DPR," kata Sutiyoso di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Kamis (2/6/2015).

Dalam pertemuan itu, Sutiyoso mengaku diberi tiga arahan oleh Presiden sebelum dilantik sebagai Kepala BIN. Pertama, membenahi struktur organisasi untuk menjawab tantangan BIN ke depan. Kedua, masalah personel. Baik dari kualitas maupun kuantitas guna menunjang kinerja BIN.

Jokowi dan Sutiyoso menghitung jumlah ideal SDM di BIN. "Kebutuhan kita kira-kira 5.000 lebih. Saat ini ada 1.975 personel. Jadi kita akan rekrut 1000 orang dengan kualifikasi dari berbagai disiplin ilmu," papar dia.

Terakhir, menyangkut perlengkapan dan peralatan pertahanan intelijen negara. Jokowi meminta agar BIN memperbaharui sistem IT atau penggunaan teknologi komunikasi agar tak ada lagi kasus penyadapan pejabat tinggi negara.

"Jika kita tidak punya alat yang super canggih kita akan jebol terus, disadap termasuk pengalaman kita yang lalu. Ini bisa kita proteksi," pungkas dia.



(KRI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA