DPRD Dilarang Ajukan Dana Aspirasi

Dheri Agriesta    •    Kamis, 02 Jul 2015 14:04 WIB
jusuf kalla
DPRD Dilarang Ajukan Dana Aspirasi
Wakil Presiden Jusuf Kalla (Foto:Dheri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla kembali menyorot dana aspirasi yang mekanisme usulannya telah disetujui DPR. JK menyebut, DPRD tak boleh meminta dana aspirasi seperti yang dilakukan DPR karena dana itu serupa dengan dana taktis.
 
"Dana aspirasi sama dengan dana taktis. Menteri saja tak ada dana taktis. Dulu gunakan dana taktis untuk sendiri, itu tidak diizinkan lagi sekarang," kata JK, di Hotel di Sahid Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (2/7/2015).
 
Dana taktis cukup lumrah ditemukan dalam anggaran setiap kementerian. Dana ini akan digunakan untuk keperluan mendesak yang tidak direncanakan sebelumnya. Dana ini dianggap rentan disalahgunakan. Oleh karena itu, pengadaan dana taktis ini pun dihapuskan.
 
JK tak menyalahkan DPR memiliki keinginan menyampaikan masukan atau aspirasi kepada pemerintah terkait pembangunan di daerah. Pemerintah, lanjut JK, akan menyampaikan masukan itu kepada pemerintah daerah terkait untuk ditindaklanjuti.
 
"DPR ini tidak salah, mereka hanya memberikan saran ke pemerintah. Nanti pasti pemerintah menyarankan lagi ke gubernur atau kepala daerah untuk detailnya. Kalau itu hanya aspirasi bukan dana aspirasi," pungkas JK.
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menolak usulan DPR terkait dana aspirasi dengan alasan perekonomian masih lesu. Kondisi perekonomian global sedang bergejolak dan memberikan dampak pada perekonomian nasional. Pertumbuhan ekonomi ternyata tak sesuai dengan yang diharapkan pemerintah. Oleh karena itu, pemerintah mengambil sikap untuk mengelola dan memanfaatkan anggaran sebaik mungkin.
 


(FZN)

KPK Ancam Jerat Pihak Merintangi Sidang Korupsi KTP-el

KPK Ancam Jerat Pihak Merintangi Sidang Korupsi KTP-el

6 minutes Ago

Lembaga antikorupsi akan menjerat pihak-pihak tersebut dengan Pasal 21 UU Pemberantasan Korupsi…

BERITA LAINNYA