Freeport Siap Bangun PLTA Terbesar di Papua

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 02 Jul 2015 14:35 WIB
freeport
Freeport Siap Bangun PLTA Terbesar di Papua
Ilustrasi tambang Freeport. ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Freeport-McMoran melalui Freeport Indonesia sepakat membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan kapasitas 1.000 megawatt (mw) di tanah Papua.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menjelaskan Presiden Jokowi memberikan beberapa arahan yang ditujukan kepada Freeport. Salah satunya adalah partisipasi membangun infrastruktur di Papua.

"Supaya Freeport meningkatkan partisipasinya untuk membangun infrastruktur wilayah di tempat mereka berada, dan malahan memberi pesan khusus agar PLTA Urumuka di Kabupaten Mimika itu segera dimulai," jelas Sudirman di Istana Presiden, Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Sudirman menjelaskan, PLTA Urumuka ini akan berkapasitas lebih dari 1.000 mw dan merupakan PLTA terbesar. PLTA ini akan dimanfaatkan untuk tambang bawah tanah Freeport dan untuk dipakai masyarakat setempat.

"Mungkin ini PLTA terbesar, kapasitas 450 megawatt  akan dimanfaatkan oleh Freeport untuk tambang bawah tanah. Sedangkan sisanya bisa dipakai untuk masyarakat setempat," jelas dia.

Sudirman juga mengatakan, pihak Freeport telah sepakat untuk membangun PLTA tersebut karena juga merupakan arahan Presiden Jokowi.


(SAW)