2016, Hipmi Targetkan Pengusaha Pemula Miliki UU Sendiri

Angga Bratadharma    •    Kamis, 02 Jul 2015 14:55 WIB
hipmi
2016, Hipmi Targetkan Pengusaha Pemula Miliki UU Sendiri
Priamanaya Djan (keempat kanan) (ANTARA FOTO/ho/Heru)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) menargetkan pada 2016 pengusaha pemula sudah memiliki undang-undang (UU) sendiri. Saat ini, BPP Hipmi tengah mempersiapkan kajian akademis rancangan undang-undang (RUU) Pengusaha Pemula.

"Kita harapkan tahun depan masuk program legislasi nasional (Prolegnas) dan kemudian pengusaha pemula punya UU sendiri," ujar Sekjen BPP Hipmi Priamanaya Djan, dalam siaran persnya, yang diterima, di Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Pria mengatakan, selain dapat menciptakan banyak pengusaha-pengusaha pemula baru, UU ini diharapkan dapat membuka akses yang semakin besar bagi pengusaha pemula kepada lembaga keuangan. Salah satu program yang dianggap Hipmi layak masuk dalam RUU Pengusaha Pemula yakni subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dia mengatakan, Hipmi mendukung Keppres subsidi bunga KUR. Sebab, aspirasi ini sudah lama didorong oleh Hipmi. Apalagi, selama ini bunga KUR sangat tinggi yakni sekitar 23 persen. Dengan adanya keppres tersebut, bunga subsidi KUR diturunkan menjadi 12 persen utamanya untuk KUR Mikro.

Hipmi berharap agar konsep subsidi bunga KUR ini nantinya terakomodasi dalam UU Pengusaha Pemula. "Jadi, dengan adanya UU ini bunga kredit untuk pelaku UMKM bisa ditekan dan terjangkau. Kalau konsep subsidi bunga ini terpayungi UU kan akan semakin kuat posisinya," pungkas Pria.


(ABD)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

6 hours Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA