Freeport Beli Bahan Peledak dari Pindad

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 02 Jul 2015 15:44 WIB
freeport
Freeport Beli Bahan Peledak dari Pindad
Tambang Freeport -- ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Freeport McMoran sepakat meningkatkan local content (komponen lokal) dengan membeli alat-alat berat dan bahan peledak dari PT Pindad (Persero). Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

"Presiden memberikan arahan supaya local content ditingkatkan, secara spesifik Freeport menyampaikan akan membeli alat-alat berat dari Pindad. Kemudian juga membeli sebagian bahan peledak yang dibutuhkan dari Pindad dan Bahana," kata Menteri ESDM Sudirman Said di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Ia juga menegaskan local content ini diarahkan langsung oleh Presiden untuk dibelanjakan ke perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). "Mereka menyesuaikan tekanan Presiden," ujar dia.

Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Syamsuddin menjelaskan local content yang akan dibeli dari Pindad dan Bahana akan digunakan untuk kegiatan pertambangan untuk alat peledak bagi pertambangan baru.

“Kami sudah mulai melakukan pembicaraan untuk kegiatan pertambangan kebutuhan alat peledak untuk membuka pertambangan baru kami akan menggunakan alat peledak dari PT pindad," jelas Maroef.


(SAW)