PM Australia Ogah Diskusikan Pernikahan Sesama Jenis

Willy Haryono    •    Kamis, 02 Jul 2015 15:59 WIB
politik australia
PM Australia Ogah Diskusikan Pernikahan Sesama Jenis
PM Australia Tony Abbott dalam sebuah acara di Singapura, 29 Juni 2015. AFP / MOHD FYROL

Metrotvnews.com, Canberra: Perdana Menteri Australia Tony Abbott menghalau desakan menggelar voting di badan parlemen untuk menentukan pelegalan pernikahan sesama jenis. 

Undang-undang kesetaraan pernikahan akan diajukan Partai Liberal saat parlemen kembali dari masa reses pada Agustus mendatang, dengan didukung juga oleh Partai Buruh. 

Abbott, seorang pemeluk Katolik, menolak adanya perubahan terhadap UU Pernikahan. Ia mengaku pernikahan sesama jenis memang "masalah penting" tapi UU yang diajukan secara pribadi oleh partai tertentu menurutnya tidak perlu diperdebatkan. 

"Sangat tidak biasa untuk memperdebatkan dan melakukan voting untuk UU pribadi (partai) di parlemen," ucap Abbott, seperti dikutip AFP, Kamis (1/7/2015). 

"Saya sudah ada di parlemen selama 21 tahun, dan seingat saya, hanya ada dua atau tiga UU pribadi yang pernah diperdebatkan dan dilakukan voting," sambung dia. 

Meski mempunyai adik perempuan gay, Abbott bersikukuh "pemerintahannya masih fokus pada sejumlah isu seperti pertumbuhan lapangan kerja dan keamanan dalam negeri serta luar negeri."

Pada 2012, isu pernikahan sesama jenis di Australia mendapat sedikit suara di parlemen. Pekan lalu, Abbott berjanji mendiskusikan masalah pernikahan gay. Tapi, ia juga mengatakan hal tersebut bukanlah suatu prioritas.



(WIL)

Bacakan Pledoi, Andi Narogong Minta Maaf

Bacakan Pledoi, Andi Narogong Minta Maaf

19 minutes Ago

Jakarta: Terdakwa korupsi pengadaan KTP elektronik tahun anggaran 2011-2013 Andi Narogong memba…

BERITA LAINNYA