Lazada Express Indonesia akan Perbesar Armada

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 02 Jul 2015 16:57 WIB
lazada
Lazada Express Indonesia akan Perbesar Armada
Anand Kumar (kanan) saat ditemui di kantor Lazada.

Metrotvnews.com, Jakarta: Lazada percaya bahwa logistik merupakan bagian yang sangat penting jika mereka ingin bisnis mereka terus berkembang. Karena itulah, pada hari ini, Kamis (2/7/2015), Lazada mengumumkan rencana untuk memperbanyak armada dari Lazada Express (LEX).

"Kami sadar bahwa jika kami ingin mengembangkan bisnis kami, kami harus memperbaiki infrastruktur yang ada," kata Anand Kumar, CEO LEX Indonesia. "Jika kami memiliki logistik yang lebih baik, maka kami akan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik. Pelayanan yang lebih baik berarti kepuasan pelanggan meningkat."

LEX Indonesia sendiri telah mulai berdiri sejak bulan Maret 2012. Pada awal mulanya, LEX Indonesia hanya memiliki 100 sepeda motor dan 70 mobil dan truk dengan lebih dari 200 orang pekerja. Dan sekarang, LEX Indonesia telah memiliki 20 titik hubs dan 6 titik satelit. 6 titik hubs dan 6 titik satelit berada di Jakarta, 6 titik hubs ada di daerah Jawa luar Jakarta, 5 titik hubs di Sumatera, 1 titik hubs di Bali, 1 titik hubs di Sulawesi dan 1 titik hubs di Kalimantan.

Anand mengatakan bahwa di akhir tahun ini, mereka berharap akan dapat menambah jumlah titik hubs hingga 40 titik, meningkatkan kapasitas armada mereka hingga 300 persen sehingga jumlah paket yang bisa mereka kirim dapat meningkat sebesar 400 - 500 persen.

Sayangnya, saat ini, layanan LEX hanya dapat digunakan oleh pihak Lazada sendiri, sementara pedagang lain yang memanfaatkan Lazada sebagai marketplace tak akan dapat menggunakan jasa LEX. Sejauh ini, LEX telah berhasil mengantarkan barang kepada 80 persen pelanggan Lazada yang ada di Indonesia.

Anand menjelaskan bahwa dengan LEX, pengiriman barang dari Lazada dapat dilakukan dengan lebih cepat. Pelayanan yang diberikan kurir juga lebih baik sehingga pelanggan merasa lebih puas. Hal ini terbukti dari tingginya rating yang diberikan pelanggan saat barang yang dipesan dikirim melalui LEX. 

Saat ditanya mengenai apakah LEX memiliki rencana untuk melebarkan sayap hingga Indonesia bagian Timur, Anand berkata, "Kami akan selalu memonitor di mana pelanggan Lazada berada. Jika memang layanan kami diperlukan di bagian Timur, tentu kami akan memastikan layanan kami tersedia di sana."


(ABE)