BI Yakin CAD 2015 Bisa Ditekan di Kisaran USD21 Miliar

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 02 Jul 2015 17:40 WIB
cadangan devisa
BI Yakin CAD 2015 Bisa Ditekan di Kisaran USD21 Miliar
Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) memprediksi defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) sepanjang tahun ini bisa ditekan pada kisaran USD21 miliar atau 2,5 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Hal tersebut dikatakan Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo dalam rapat kerja panja Badan Anggaran DPR. Tahun lalu, realisasnya CAD sebesar 2,9 persen dari PDB atau USD25,4 miliar. Menurutnya, dengan level CAD tersebut dinilai bagus untuk stabilitas ekonomi, terutama untuk stabilitas nilai tukar.

"Di 2015 kami perkirakan CAD akan turun jadi USD21 milar atau 2,5 persen dari PDB. Sebetulnya, kita masih menerima, masih toleransi kalau CAD di atas 2,5 persen, namun tidak sampai tiga persen," kata Perry, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (2/7/2015).

Meskipun diprediksi ke depannya ada absorpsi belanja modal untuk infrastruktur sehingga meningkatkan impor, namun impornya tidak akan membengkak sehingga membuat CAD bisa dikendalikan dan stabilitas makroekonomi terjaga demi terciptanya ruang bagi pertumbuhan.

"Ini langkah yang kami lakukan untuk stabilitas perekonomian kita. Maka kami tetap jaga stabilitas dengan CAD terkendali. Di satu sisi mendorong pertumbuhan," jelasnya.


(AHL)