Berapa Banyak Kuman yang Tertukar Setiap Kali Ciuman?

Torie Natalova    •    Kamis, 02 Jul 2015 18:42 WIB
kesehatan
Berapa Banyak Kuman yang Tertukar Setiap Kali Ciuman?
Berciuman terjadinya pertukaran kuman. (Foto:Huffingtonpost.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apa yang ada di ciuman? Sekitar 80 juta mikroba terdapat saat ciuman. Menjijikkan memang, tapi itulah nyatanya. Sebuah studi yang diterbitkan jurnal Microbiome mengatakan, banyak bakteria ditransfer selama bibir saling mengunci saat berciuman.

Salah satu teori mengatakan bahwa pertukaran air liur membantu pasangan menentukan kompatibilitas atau kesesuaian, sementara yang lain berpendapat bahwa berbagi bakteri dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Peneliti memantau perilaku mencium dari 21 pasangan dan menemukan bahwa salah satu dari 10 detik french kiss telah terjadi transfer 80 juta kuman dari satu pasangan ke yang lain.

Mereka juga menemukan bahwa semakin sering pasangan mencapai tempat pertama, semakin besar kemungkinan mereka untuk memiliki profil mikroba yang sama dengan menjajah lidah mereka.

Namun, tenang saja. Peneliti tidak menyimpulakn tentang implikasi dari begitu banyak kuman mulut yang ditukarkan. Sebaliknya, mereka menyerukan penelitian lebih lanjut untuk melihat ke dalam mikroba tertentu seperti di lidah bisa berkembang sementara mikroba di air liur tidak bertahan lama. (Womenshealth)


(LOV)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA