Perundingan Nuklir Diperpanjang, Harga Minyak Melesat

Antara    •    Kamis, 02 Jul 2015 19:00 WIB
ekonomi yunani
Perundingan Nuklir Diperpanjang, Harga Minyak Melesat
Ilustrasi kilang minyak -- FOTO: Reuters/Axel

Metrotvnews.com, Singapura : Harga minyak dunia naik setelah perundingan nuklir Iran diperpanjang sampai dengan 7 Juli 2015. Hal ini memberi pasar kelebihan pasokan "nafas" meskipun ada ketidakpastian atas krisis keuangan Yunani. 

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus naik 14 sen menjadi 57,10 USD per barel pada perdagangan sore, sementara minyak mentah Brent untuk Agustus 25 sen lebih tinggi pada 62,26 USD per barel.

Kepala praktek minyak dan gas Asia-Pasifik di Ernst and Young Sanjeev Gupta menuturkan pasar akan memantau secara cermat hasil dari negosiasi karena Iran menempati posisi cadangan minyak terbesar keempat dan terbesar kedua cadangan gas di dunia.  

Analis investasi pada Phillip Futures Daniel Ang mengatakan akan terus fokus pada penentuan kesepakatan antara iran dengan negara barat. 

"Kita harapkan volatilitas tinggi itu dapat berakhir. Kami sarankan investor mengambil keuntungan pada posisi ini," kata Daniel.

Perundingan antara Iran dan negara-negara besar tentang kesepakatan nuklir dilakukan pada Kamis (2/7/2015). Kepala Badan Energi Atom Internasional Yukiya Amano tiba di Teheran untuk menyelidik dugaan program pengembangan bom nuklir Iran.

Iran dan kelompok P5+1 - Amerika Serikat, Rusia, Tiongkok, Inggris, Prancis, dan Jerman - mencoba untuk mengakhiri kebuntuan selama 13 tahun atas ambisi nuklir Iran.

Iran akan mengurangi program nuklir dengan  menempatkan sebuah bom atom di luar jangkauannya. Sebagai imbalannya embargo ekonomi yang dilakukan terhadap Iran akan dicabut secara bertahap.



(SAW)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA