Mobil Dinas untuk Mudik, Mendagri Tunggu Putusan Menpan RB

Dheri Agriesta    •    Kamis, 02 Jul 2015 19:16 WIB
mudik lebaran 2015
Mobil Dinas untuk Mudik, Mendagri Tunggu Putusan Menpan RB
Mobil dinas plat merah. (MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penggunaan mobil dinas pejabat untuk mudik lebaran, masih mengawang. Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo masih menunggu pertimbangan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddy Chrisnandi terkait hal ini.

"Kami akan nunggu dulu karena pertimbangan Menpan RB ada, pertimbangan KPK juga ada selama ini. Efisiensi menyangkut tidak boleh digunakan hal-hal untuk kepetingan pribadi yang bukan masalah dinas. Menpan RB juga punya pertimbangan," kata Tjahjo di Hotel Sahid, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (2/7/2015).

Tjahjo menyebut, seluruh pengguna mobil dinas pejabat di daerah masih menunggu kepastian terkait penggunaan mobil dinas untuk mudik. Sebab, arahan Gubernur, Bupati dan Wali Kota cukup beragam. Ada yang setuju dan tidak.

Namun, yang paling penting, lanjut Tjahjo, biaya yang dikeluarkan untuk kepentingan diri sendiri di luar kepentingan dinas harus menggunakan biaya sendiri. "Uang dan akadnya milik sendiri supaya tidak ada yang dikhawatirkan KPK," kata Tjahjo.

Mendagri akan menunggu keputusan yang dikeluarkan Menpan RB. Karena Kemenpan RB jadi bagian dari pemerintahan pusat.

"Karena Kemenpan RB bagian dari pemerintahan kami, KPK tujuannya juga baik untuk efektifitas dan efisiensi tata kelola pemerintahan," tandas mantan Politikus PDI Perjuangan itu.


(LDS)