SDA Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Dana Operasional Menteri

Yogi Bayu Aji    •    Kamis, 02 Jul 2015 20:20 WIB
kasus korupsi
SDA Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Dana Operasional Menteri
KPK. Foto: MTVN/Yogi Bayu Aji.

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA) kembali menjadi tersangka di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kali ini dia terjerat dalam dugaan korupsi dana operasional menteri (DOM).

"Sudah jadi tersangka," kata Pelaksana Tugas Pimpinan KPK, Johan Budi SP, di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (2/7/2015).

Namun, Johan belum bisa membeberkan detail kasus baru yang menjerat mantan Ketua Umum PPP itu. Penyidik, kata dia, sedang menggeber proses penyidikan.

"Pemeriksaan saksi belum," kata mantan Deputi Pencegahan KPK.

Sebelumnya, SDA sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penyelenggaraan ibadah haji 2012-2013 pada 22 Mei 2014. Dia diduga melanggar Pasal 2 Ayat 1 atau Pasal 3 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto pasal 55 ayat 1 dan juncto Pasal 65 KUHP.

Dalam perkembangannya, penyidik KPK juga menetapkan SDA sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji di Kemenag untuk tahun anggaran 2010-2011. Menteri era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono ini sudah ditahan KPK sejak 10 April Rutan Guntur.


(DEN)

Seluruh Bisnis Novanto Terancam Disita KPK

Seluruh Bisnis Novanto Terancam Disita KPK

4 hours Ago

Penyitaan akan dilakukan jika mantan Ketua DPR RI itu tidak dapat mengembalikan uang ganti rugi…

BERITA LAINNYA