Pemerintah Pusat Bersinergi Dengan Pemda Sumut Tangani Sinabung

Dheri Agriesta    •    Kamis, 02 Jul 2015 21:53 WIB
gunung sinabung
Pemerintah Pusat Bersinergi Dengan Pemda Sumut Tangani Sinabung
Sejumlah warga melihat Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanis disertai awan panas, di Desa Namanteran, Karo, Sumatera Utara, Selasa (16/6). Foto: ANTARA /Irsan Mulyad

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengumpulkan sejumlah Menteri Kabinet Kerja dan Lembaga untuk membahas penanggulangan bencana Gunung Sinabung.

Pemerintah pun memutuskan untuk memberikan kewenangan kepada Pemerintah Daerah Sumatera Utara untuk menangani musibah gunung berapi itu.

"Ditugaskan, diberikan kewenangan tugas kepada Pemda, Gubernur, dan Bupati untuk segera menyelesaikan dan dibantu oleh Pemerintah pusat," kata Jusuf Kalla di Jakarta Convention Center, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Pemerintah daerah diminta bersinergi untuk menangani bencana yang ada ini. Tak ada tim koordinasi yang akan dibentuk khusus untuk menangani hal ini. Pemerintah pusat akan membantu Pemda untuk menyelesaikan permasalahan itu jika dibutuhkan.

"Pemda saja yang bertanggung jawab, mereka yang ngaturlah," pungkas pria asal Makassar ini.

Gunung Sinabung dengan tinggi 2.460 meter di atas permukaan laut kembali meletus beberapa kali sejak Jumat (26/6/2015) lalu. Erupsi pertama saat Jumat itu mengeluarkan awan panas setinggi 2.500 hingga 3.000 meter.

Sementara Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, yang berjarak 10 kilometer dari Berastagi tidak tertutup abu vulkanis. Tidak ada aktifitas bercocok tanam di wilayah itu.

Sedangkan warga masih mendiami posko pengungsian dengan mengenakan masker umtuk mengantisipasi gangguan pernapasan.


(DEN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA