Kasus AS, BW, dan DI Dipastikan Kelar Setelah Lebaran

Lukman Diah Sari    •    Jumat, 03 Jul 2015 05:59 WIB
polri
Kasus AS, BW, dan DI Dipastikan Kelar Setelah Lebaran
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. (ANT/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kasus-kasus dari tokoh besar, seperti Abraham Samad (AS), Bambang Widjojanto (BW), dan Denny Indrayana (DI) masih diusut penyidik Bareskrim Mabes Polri. 

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti berkeyakinan, bahwa kasus-kasus yang membelit AS, BW, dan DI bisa kelar seusai Idul Fitri. "Saya optimistis ketiganya bisa selesai tidak terlalu lama. Mungkin setelah lebaran bisa selesai," kata Kapolri dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR RI, di Jakarta, Kamis (2/7/2015). 

Badrodin mengungkapkan, kasus BW saat ini sudah P21 dan dinyatakan lengkap. Setelah lebaran bisa segera dilakukan penyerahan berkas tahap kedua. 

Sementara kasus yang melilit AS, masih terbentur kurangnya keterangan saksi. Jaksa pun merekomendasikan Polri, agar mencari satu lagi tersangka dalam kasus AS. 

"Untuk kasus Denny (Indrayana) sudah hampir selesai tinggal menunggu perhitungan kerugian negara dari BPK," kata dia.

Diketahui, AS dan BW dua pimpinan nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terjerat kasus hukum di Bareskrim Polri. AS pun sudah menjadi tersangka dalam kasus pemalsuan dokumen dan 'Rumah Kaca Abraham Samad'. 

Sementara BW, diduga mengarahkan saksi untuk memberikan keterangan palsu pada persidangan di Mahkamah Konstitusi terkait sengketa pilkada 2010 di Kotawaringin Barat. 

Sedangkan mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana, terjerat kasus 'Payment Gateway' atau sistem pembayaran online pembuatan paspor. (ANT)


(LDS)