Menaker Sebut Skema JHT Kembalikan Spirit Perlindungan Hari Tua

Desi Angriani    •    Jumat, 03 Jul 2015 07:25 WIB
ketenagakerjaan
Menaker Sebut Skema JHT Kembalikan Spirit Perlindungan Hari Tua
Integrasi BPJS Ketenagakerjaan. (ANT/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menyebut terobosan baru pencairan Jaminan Hari Tua (JHT) yang bisa diambil setelah 10 tahun semata untuk mengembalikan spirit perlindungan hari tua.

"PP JHT yang baru sebagai turunannya mengembalikan spirit JHT sebagai skema perlindungan hari tua pada saat pekerja tidak lagi produktif," kata Hanif dalam keterangan pers yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (3/6/2015).

Menurutnya, JHT selama ini dikesankan sebagai tabungan biasa. Begitu dikembalikan ke dalam spirit perlindungan hari tua, maka timbul kerisauan.

"Itu yang dipahami peserta selama berlakunya Jamsostek dulu walaupun dana JHT tidak akan hilang," jelasnya.

Politikus PKB ini mengatakan, perubahan pemberian manfaat JHT yang mulai berlaku 1 Juli ini tidak mungkin menabrak UU SJSN.

"Jika pekerja di-PHK maka dapat pesangon. Apabila yang bersangkutan dapat bekerja kembali maka kepesertaan JHT dapat berlanjut. Jika pekerja meninggal sebelum usia 55 tahun maka ahli waris berhak atas manfaat JHT. Itu ketentuan UU SJSN," jelasnya.

Ditegaskannya, pemerintah melakukan pengaturan pelaksanaan mengenai jaminan sosial dengan tidak keluar dari substansi UU SJSN dan spirit untuk mengembalikan program JHT sebagai program perlindungan masa tua.

"Secara keseluruhan skema perlindungan sosial bagi tenaga kerja kita saat ini jauh lebih baik manfaatnya dibanding sebelumnya," pungkas dia.


(LDS)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA