Menkeu: Kepercayaan Investor di Pasar Obligasi RI Masih Tinggi

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 03 Jul 2015 07:36 WIB
obligasi
 Menkeu: Kepercayaan Investor di Pasar Obligasi RI Masih Tinggi
Menkeu Bambang Brodjonegoro. ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro menegaskan kepercayaan pasar (market confidence) pada prospek pasar obligasi Indonesia. Hal ini ditandai dari beberapa lelang obligasi yang dilakukan oleh pemerintah dan disambut positif oleh investor global.

Misalnya saja untuk lelang Surat Utang Negara (SUN) rupiah konvensional yang dilakukan Selasa pekan lalu, di mana pemerintah awalnya menaruh target penyerapan indikatif Rp12 triliun, ternyata incoming bid atau yang masuk sekitar Rp40 triliun. Artinya ada oversubscribe 3,5 kali.

"Dari lelang tersebut ada 35 persen asing yang berminat untuk membeli obligasi tersebut. Itu menandakan minat mereka cukup besar," kata Bambang di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (2/7/2015).

Lalu pada lelang SUN dalam USD pada Senin 1 juli yang hanya boleh diserap oleh pasar investor domestik (offshore) pemerintah memiliki target indikatif USD500 juta sedangkan penawarannya  sekitar USD820, atau ada oversubscribe 1,6 kali.

"Namun yang kami ambil hanya USD500 juta, berarti akan tambah cadangan devisa di Bank Indonesia, kalau kita keluarkan global bond akan masuk cadangan devisa," tutur Bambang.

Begitu juga dengan lelang Surat Berharga Negara Syariah (SBSN) dengan target Rp2 triliun namun penawaranya sebesar Rp3,8 triliun jadi ada oversubsuscribe sekitar dua kali lipat.

"Ini menunjukkan kondisi ekonomi kita masih bagus, kita akan jaga terus ke depan, setiap lelang harus beri perbaikan pada kepercayaan pasar," pungkasnya.
 

 



(SAW)

KPK Diminta Segera Ungkap Nama Besar di Belakang Novanto

KPK Diminta Segera Ungkap Nama Besar di Belakang Novanto

2 hours Ago

Setelah vonis 15 tahun terhadap Setya Novanto diketuk, KPK diminta untuk segera mengungkap nama…

BERITA LAINNYA