Masih Ada Harapan Rupiah Menguat Kembali

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 03 Jul 2015 08:39 WIB
kurs rupiah
Masih Ada Harapan Rupiah Menguat Kembali
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Gunawan Wibisono

Metrotvnews.com, Jakarta: Rupiah terhadap dolar AS (USD) masih bisa kembali ke zona positif, walaupun tipis. Ini bisa terjadi jika pelaku pasar mencoba mengantisipasi sentimen dari Yunani dan rilis data-data ekonomi AS.

"Adanya harapan akan perubahan sikap Yunani untuk menerima klausul dari para krediturnya cukup memberikan sentimen positif pada laju euro," ucap Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada dalam keterangan risetnya yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (3/7/2015).

Di sisi lain, menurut dia pelaku pasar juga mengantisipasi akan membaiknya rilis data-data ketenagakerjaan yang dapat berimbas pada penguatan kembali laju USD. Sentimen yang cukup berimbang inilah yang membuat laju rupiah cukup tertahan.

Seperti diberitakan sebelumnya, rupiah cenderung bergerak sideways dan kemungkinan berada di level melemah. Diharapkan sentimen dari inflasi maupun sentimen baru dapat mempertahankan eksistensi rupiah untuk tetap berada di zona positif. Oleh karena itu, tetap mengantisipasi dan mencermati setiap sentimen yang dirilis.

Menurut Reza, rupiah akan berada di atas level resisten Rp13.328 per USD. Serta masih diharapkan dapat melanjutkan penguatan seiring kurang baiknya sentimen untuk laju USD. Akan tetapi, imbau dia, sentimen dari dalam negeri yang belum cukup kuat akan berpotensi membuat mata uang Garuda ini kembali melemah.

"Dalam satu hari ini rupiah akan berada di level Rp13.334-Rp13.322 per USD (kurs tengah BI)," sebut Reza.


(AHL)