Pesawat Hercules Jatuh

Hari Ketiga Pascajatuh, Korban Hercules yang Dipulangkan Mencapai 84 Jenazah

Hendri Fauzi    •    Jumat, 03 Jul 2015 12:05 WIB
hercules jatuh di medan
Hari Ketiga Pascajatuh, Korban Hercules yang Dipulangkan Mencapai 84 Jenazah
Personel TNI menuliskan nama-nama korban Hercules C-130 yang jatuh di Medan dan sudah dipulangkan ke keluarga, Ant/Irsan Mulyadi

Metrotvnews.com, Medan: Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo masih memulangkan jenazah korban Hercules C-130 yang jatuh di Medan, Sumatra Utara, pada 30 Juni 2015. Hingga hari ketiga setelah kecelakaan, tepatnya Jumat 3 Juli, jumlah korban yang dipulangkan mencapai 94 jenazah.

Berdasarkan pantauan Metrotv, korban-korban Hercules jatuh itu dipulangkan menggunakan transportasi udara maupun darat. TNI Angkatan Udara menyiapkan tiga pesawat untuk mengangkut jenazah ke sejumlah tujuan seperti Lanud Adi Sucipto (Yogyakarta), Lanud Abdul Rahman Saleh (Malang); dan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Jenazah-jenazah itu diserahkan ke keluarga untuk dimakamkan. Beberapa jenazah dimakamkan di pemakaman umum dekat dengan kediaman masing-masing. Sementara sisianya dikebumikan di tempat pemakaman militer.

TNI AU masih menunggu hasil pemeriksaan identitas jenazah yang belum dikembalikan ke keluarga masing-masing. Kecelakaan pesawat itu mengakibatkan seluruh penumpang dan kru tewas. Sebagian besar, jenazah korban dalam kondisi hangus terbakar.

Menurut Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Agus Supriatna pesawat nahas itu mengangkut 101 penumpang dan 12 kru. Satu di antaranya pilot pesawat Kapten Penerbang Sandy Permana.

"Yang jelas, dari manifes, semua keluarga militer," kata KSAU beberapa waktu lalu.

Kecelakaan terjadi dua menit setelah Hercules C-130 lepas landas dari Lanud Soewondo pada 30 Juni 2015. Pesawat jatuh menghantam tanah dan bangunan di Jalan Jamin Ginting. Sedianya, pesawat akan melakukan perjalanan menuju Natuna, Kepulauan Riau (Kepri).


(RRN)