PT TransJakarta akan Audit Semua Bus Operator

Misbahol Munir    •    Jumat, 03 Jul 2015 14:49 WIB
transjakarta terbakar
PT TransJakarta akan Audit Semua Bus Operator
Bus TransJakarta terbakar-- Foto: MI/Angga Yuniar

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Transportasi Jakarta berjanji akan mengaudit bus seluruh operator. Audit dilakukan baik kelengkapan peralatan maupun kondisi teknis bus. Audit untuk menjamin operator menjaga kualitas operasional.

Hal itu dikatakan Direktur Utama PT Transportasi Jakarta A.N.S. Kosasih setelah bus TransJakarta milik operator Lorena bernomor bodi LRN-045 terbakar di Halte UI Salemba, Jakarta Pusat.

"Kejadian ini memberi alasan kepada kami untuk melakukan audit ke seluruh operator kami," tegas Kosasih dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/7/2015).

Sebelum ini, kata dia, pihaknya tidak bisa terlibat jauh memantau operasional dan perawatan oleh operator. Kontrak antara PT TransJakarta dan operator di masa lalu menutup peluang itu.

"Selama ini kami tidak bisa terlibat terlampau dalam pemantauan operasional dan perawatan operator. Bahkan, termasuk proses rekondisi di karoseri. Karena Kontrak yang ditandatangani operator di masa lalu tidak memungkinkan hal itu," tegas dia.  


Bus TransJakarta terbakar di Halte UI Salemba (Foto: MI/Arya Manggala)

Kosasih menegaskan, saat ini operator tak bisa seenaknya lagi. Karena PT TransJakarta punya alasan kuat untuk mengaudit. "Sekarang kami punya alasan karena keselamatan nomor satu bagi kami," kata dia.

Sebab itu, kata dia, kerjasama kontrak dengan pihak operator mengedepankan kualitas dibandingkan dari sisi biaya. Itu dilakukan, termasuk dalam pengadaan armada baru.

"Ini sebabnya dalam pengadaan kami yang baru kami memberikan pembobotan yang lebih besar pada kualitas teknis, tidak semata-mata menilai dari sisi biaya termurah. Justru karena kami mendapat PMP dan PSO kami harus bertanggung jawab dengan memberikan yang terbaik kepada para pengguna layanan kami," katanya.


Bus TransJakarta terbakar di Halte UI Salemba (Foto: MI/Arya Manggala)

Menurut Kosasih, bus merk Komodo buatan dalam negeri yang dioperasikan oleh Lorena sudah beroperasi sekitar tujuh tahun. Bus beberapa hari beroperasi kembali setelah dilakukan rekondisi total terhadap seluruh badan bus di salah satu karoseri di Bogor, Jawa Barat.

"Saya sebelumnya sudah minta pihak Lorena untuk meremajakan bus lama mereka. Direksi Lorena sudah menyanggupi untuk mengganti seluruh 13 bus gandeng mereka dengan 26 bus single. Tapi mereka menyatakan masih berproses dengan Dinas Perhubungan dan Transportasi terkait perizinan, trayek, kir dan lain sebagainya," ujarnya.


(MBM)