Menko Sofyan: Sesuai Nama, JHT Diambil di Usia Tua

Desi Angriani    •    Jumat, 03 Jul 2015 14:52 WIB
bpjs ketenagakerjaan
Menko Sofyan: Sesuai Nama, JHT Diambil di Usia Tua
Menko Perekonomian Sofyan Djalil -- FOTO: MTVN/Surya Perkasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Perekonomian Sofyan Djalil menjelaskan aturan undang-undang (UU) BPJS Ketenagakerjaan yang baru. Sofyan menegaskan jika dalam aturan sesuai dengan namanya Jaminan Hari Tua yang diambil di usia tua.

"Waktu umur 56 tahun (usia tua). Nah PP keluar mengikuti aturan tersebut. Kalau UU yang dulu mengatakan bahwa JHT boleh diambil kalau Anda sudah menabung lima tahun di PHK, maka bisa Anda ambil. 10 tahun kalau mau beli rumah juga bisa. Nah, UU baru tidak perbolehkan itu," jelas dia, di Istana Presiden, Jakarta, Jumat (3/7/2015).

Menurutnya, PP mengikuti sesuai UU. Namun sekarang, sudah disepakati bahwa pemerintah akan mencari jalan agar kebiasaan masyarakat memudar, atau setidaknya mengalami masa transisi.

"Karena JHT misalnya ada yang kena PHK, kan lebih penting sekarang, daripada hari tua. Kita sedang merevisi aturan itu," ungkapnya.

Sehingga bagi mereka yang di PHK bisa langsung mencairkan dananya. "Itu kan juga uang mereka sendiri. Itu lebih fair. Atau bisa juga untuk uang perumahan. Jadi UU yang lama lebih fair," pungkasnya.


(AHL)