Pemerintah Sinyalkan JHT Boleh Dicairkan Tanpa Tunggu 10 Tahun

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 03 Jul 2015 17:05 WIB
bpjs ketenagakerjaan
Pemerintah Sinyalkan JHT Boleh Dicairkan Tanpa Tunggu 10 Tahun
Sofyan Djalil, ANTARA FOTO,Hafidz Mubarak

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Perekonomian Sofyan Djalil membuka kemungkinan revisi terhadap prinsip Peraturan Pemerintah (PP) soal jaminan hari tua (JHT) yang sesuai dengan UU SJSN di mana manfaatnya bisa dirasakan setelah kepesertaan mencapai minimal 10 tahun.

Perubahan ini karena adanya respons dari masyarakat yang tidak setuju dengan waktu 10 tahun tersebut. Pemerintah pun membolehkan pencairan lebih cepat dari ketentuan waktu yang diatur.

"Complaint pemilik dana hari tua bisa kita akomodasi, kalau misalnya orang kena PHK, ada baiknya mereka bisa ambil karena sekarang (kondisi dimana PHK) itu lebih penting dibanding hari tua, hari tua kita pikirkan besok. Sekarang sedang pikirkan akan draf perubahan PP-nya," jelas Sofyan di Kantor Kementerian Perekonomian, 
Jakarta, Jumat (3/7/2015).

Masyarakat menilai prinsip JHT yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah dirasa memberatkan dan berbeda dengan aturan sebelumnya yang  tertuang dalam UU 3/1992 tentang Jamsostek yang lebih lanjut dijabarkan dalam PP 1/2009. 

Aturan tersebut mengatakan manfaat JHT dapat dicairkan setelah usia mencapai 56 tahun atau meninggal dunia atau pekerja di-PHK dengan ketentuan masa kepesertaannya lima tahun dan waktu tunggu satu bulan.


(SAW)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

4 hours Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA