Review VGA

Perbandingan GIGABYTE GTX 980 Ti G1 Gaming dengan AMD Fury X

Tim Tekno    •    Jumat, 03 Jul 2015 18:52 WIB
review kartu grafis
Perbandingan GIGABYTE GTX 980 Ti G1 Gaming dengan AMD Fury X
VGA GIGABYTE GTX 980 Ti G1 Gaming

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika membicarakan kartu grafis tercanggih untuk konsumen rumahan, para pengguna PC akan teringat pada dua produk, AMD Fury X dan NVIDIA GeForce GTX 980 Ti. GTX 980 Ti adalah varian tercanggih dari kartu grafis NVIDIA yang menggunakan arsitektur Maxwell.

Pada ulasan ini, kami menguji GTX 980 Ti yang dirilis GIGABYTE.



GIGABYTE G1 Gaming GTX 980 Ti adalah kartu grafis high-end yang menggunakan serial model GV-N98TG1 GAMING-6GD. Dari dimensinya yang besar, konsumen sudah bisa membayangkan seperti apa performanya .

VGA ini menggunakan sistem teknologi pendingin eksklusif WINDFORCE yang dilengkapi dengan tiga unit kipas berdiameter 90 mm. Kipas ini berfungsi sebagai penghantar panas dari heatsink di bagian bawahnya yang dilengkapi dengan heatpipe.

Bagian penyangga kipas ini juga dilengkapi dengan indikator pada logo WINDFORCE sebagai tanda apakah kipas beroperasi atau dalam keadaan diam. Indikator ini menggunakan lampu LED yang pencahayaannya bisa diatur sesuai keinginan. Untuk pendinginan yang lebih maksimal, PCB bagian belakang juga dilengkapi dengan pelindung metal, yang membuat sirkulasi panan menjadi lebih efisien.



Untuk konektivitasnya, GIGABYTE G1 Gaming GTX 980 Ti menyediakan tiga unit DisplayPort, satu port HDMI, dan dua port HDMI. Ketersediaan DisplayPort yang cukup banyak memungkinkan tampilan visual hingga empat monitor sekaligus. Di saat yang sama, VGA ini memang siap menampilkan visual pada resolusi 4K.




Berikut perbandingan skor 3DMARK-nya dengan AMD Fury X. Performa GIGABYTE G1 Gaming GTX 980 Ti lebih tinggi 13 persen pada mode Fire Strike dan 17 persen lebih tinggi pada mode Fire Strike Extreme.





Beralih ke performa, GV-N98TG1 GAMING-6GD memang menjadi pesaing utama dari Fury X, kartu grafis andalan dari AMD yang telah menyematkan teknologi HBM. Kami pun mengujinya dengan menjalankan berbagai game yang sebelumnya juga kami gunakan saat menguji AMD Fury X.

Harus diakui, walaupun tak memiliki bandwidth lebih besar dari Fury X, GIGABYTE G1 Gaming GTX 980 Ti sanggup menjalankan game berat dengan pengaturan visual maksimum. Anda bisa melihat daftar lebih jelasnya di bawah ini.


























Secara keseluruhan, performa GTX 980 Ti menang tipis dibanding AMD Fury X. Sebenarnya, VGA dengan performa yang mumpuni ini sudah tak perlu ditingkatkan lagi. Namun, mereka juga masih menyediakan fitur overclock melalui software OC Guru II yang juga tersedia di dalam paket penjualannya. Software ini juga berguna untuk mengatur pencahayaan LED pada bagian pendingin WINDFORCE tadi.

GIGABYTE G1 Gaming GTX 980 Ti adalah kartu grafis premium yang tentunya memerlukan konsumsi daya yang tidak sedikit. Konsumen disarankan untuk menggunakan PSU minimal 1.000W jika ingin menggunakan VGA ini. Performanya bisa dibilang berimbang dengan AMD Fury X, jika kita mengacu pada hasil benchmark game di atas. VGA ini sanggup menjalankan beberapa game dengan tampilan cukup baik ketimbang AMD Fury X. Namun, di beberapa game, Fury X terlihat lebih unggul. 

 

 

GIGABYTE GV-N98TG1 GAMING-6GD
Chipset Maxwell GM206
Memori 6 GB DDR5
Base Clock 1152 MHz
Memory Clock 7010 MHz
CUDA Core 2816
Interface 384-bit
Harga Rp12.680.000
 


(ABE)