Jadi Tersangka UPS, Zainal Soleman Akhirnya Dicopot

Wanda Indana    •    Jumat, 03 Jul 2015 17:34 WIB
Jadi Tersangka UPS, Zainal Soleman Akhirnya Dicopot
Zainal Soleman. Foto: disordadki.net

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki Ahok Tjahaja Purnama mencopot Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda DKI, Zainal Soleman. Alasan Ahok, sapaan akrab Basuki, Zainal tidak fokus bekerja lantaran jadi tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS). 

Mantan Bupati Belitung Timur mengungkapkan posisi Zainal akan digantikan Firmansyah, Kepala Bidang Kepemudaan di Disorda DKI.

"Sekarang polisi sudah panggil terus, enggak konsentrasi. Makanya Kadis olahraga saya ganti orang dalam," ujar Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (3/7/2015).

Suami Veronica Tan itu mengatakan, pihaknya tidak memecat Zainal karena putusan hukumnya belum inkracht. Kini, kata Ahok, jabatan Zainal diturunkan. Dia diperbantukan di Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Provinsi‎ DKI Jakarta.

"Pak Zainal distafkan," kata Ahok. 

Seperti diketahui, Zainal dan bekas PPK Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Barat Alex Usman ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan UPS di sekolah-sekolah di Jakarta. Zainal diduga terlibat korupsi proyek itu saat menjabat PPK Sudi Dikmen Jakarta Pusat. 
 
Zainal adalah pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek UPS dalam APBD Perubahan DKI 2014. Zainal dan Alex dijerat Pasal 2 dan Pasal 3 UU Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambahkan dengan UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 51 ayat (1) ke 1 KUHP.

‎Seperti diketahui, ‎Ahok hari ini merotasi jabatan pejabat eseloan II atau setara Kepala Dinas dan Kepala Deputi di lingkungan Pemprov DKI. Berikut pejabat eselon II yang dilantik Ahok menjadi Kepala Dinas dan Wakil Kepala Dinas yang baru:

1. Irwandi, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dan Perdagangan. Menggantikan Joko Kundaryo.
2. Firmansyah, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda menggantikan, Zainal Soleman.
3. Isnawa Adji, Kepala Dinas Kebersihan menggantikan,Saptastri Ediningtyas.
4. Andri Yansyah, Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi, menggantikan Benjamin Bukit.
5. Ratna Diah Kurniati, Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman, menggantikan Nandar Sunandar.
6. Tri Djoko Sri Margianto, Kepala Dinas Tata Air menggantikan Agus Priyono.
7. Edy Junaedi, Kepala Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, menggantikan Noor Syamsu Hidayat.
8. Ali Maulana, Wakil Kepala Dinas Kebersihan.
(KRI)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA