Ada Tol Cipali, Jalur Pantura Penuh Pemudik Bermotor

Dimas Prasetyaning    •    Jumat, 03 Jul 2015 17:40 WIB
mudik lebaran 2015kemenpu ads
Ada Tol Cipali, Jalur Pantura Penuh Pemudik Bermotor
foto: Antara/dok.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tol Cipali akan menjadi pilihan pemudik berkendara mobil tujuan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Artinya jalur Panti Utara Jawa ruas Jawa Barat akan 'dikuasai' pemudik bermotor. 

Sama seperti yang berkendara mobil, pemudik yang berboncengan motor butuh rest area untuk melepas lelah. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan menggandeng kepolisian dan pemda setempat menyediakan rest area lengkap dengan segala fasilitas yang layak.

"Akan kita buat bersama pos-pos untuk 'memaksa' pemudik bermotor berhenti dan beristirahat," ujar Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hediyanto W Husaini.

Memang benar berkat Tol Cipali maka kepadatan lalu lintas mudik di Jalur Pantura akan jauh berkurang. Tetapi jalanannya relatif lebih lengang dan nyaman bagi pemotor, tetapi Jalur Pantura tetap rawan kecelakaan.

Demi mencegah kecelakaan fatal, maka perlu dibangun tempat-tempat berisitirahat yang baik. Rambu jalan yang informatif tentang arah dan kondisi jalan.

Anggota Komisi V DPR, Nusyirwan Sujono, mendukung langkah Kemen PUPR menggandeng pemda setempat dan kepolisian. Sebab pengelolaan jalan raya adalah tanggung jawab bersama, bukan satu lembaga tertentu.

"Baik itu jalan tol, jalan arteri atau jalan nasional,” tutur Nusyirwan Sujono.

 


(LHE)